Peran strategis lembaga pendidikan tinggi Islam dalam membumikan nilai-nilai moderasi : studi interpretasi dan internalisasi nilai-nilai moderasi Ulul Albab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universiti Malaya Malaysia

Rofiq, Aunur ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9823-040X, Anam, Khoirul, Kadir, Abdul, Yusoff, Mohd Yakub Zulkiflu Bin Mohd and Hilmy, Gustian Hafidz (2023) Peran strategis lembaga pendidikan tinggi Islam dalam membumikan nilai-nilai moderasi : studi interpretasi dan internalisasi nilai-nilai moderasi Ulul Albab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universiti Malaya Malaysia. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img] Text
17385.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lembaga Pendidikan Tinggi di suatu negara, khususnya Lembaga Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia dan Malasyia mempunyai kewajiban dan tanggung jawab moral yang sama dalam mengemban amanat Pendidikan, yaitu ikut serta mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Indonesia dan Malaysia adalah negara yang bangsanya sama-sama multi kultural, terdiri dari berbagai suku, ras, bahasa, agama dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasi dan menginternalisasikan nilai-nilai moderasi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universiti Malaya Malaysia, berikut hambatan dan tantangannya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah empiris deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif fenomenologi yang menitikberatkan pada pola perilaku suatu komunitas manusia yang didasarkan pada tiga asumsi utama yaitu, manusia bertindak berdasarkan makna, kemudian makna diinteraksikan dengan perilaku manusia, selanjutnya makna tersebut berkembang dan disempurnakan saat interaksi tersebut berlangsung. Sumber data utama diperoleh melalui hasil wawancara dan dokumen pendukung dan dianalisis dengan menggunakan metode intraksi model Huberman dan Miles dengan tiga langkah yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan, sehingga hasil penelitiannya dapat dilaporkan secara struktur.
Adapun hasil peneliaanya adalah: 1) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menginterpretasikan nilai-nilai moderasi ulul albab dalam tiga bentuk keseimbangan, yaitu: a) keseimbangan spiritual; b) keseimbangan keilmuan dalam arti integrasi ilmu pengetahuan, sains dan agama; c) Keseimbangan professional dalam arti sholeh secara vertikal (individual) dan juga sholeh secara horizontal (sosial). Adapun nilai-nilai moderasi yang wujud dalam P.O.I.S.E, di Universitas Malaya (UM) dikenal dengan istilah Nilai Teras (NTP) P.O.I.S.E atau disebut juga sebagai Core Values POISE (Passion, oneness, integrity, sincerity, empathy). 2) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menginternalisasikan nilai-nilai moderasi dalam konsep ulul albab tersebut dengan melalui tiga proses, yaitu: a) proses intergarsi ilmu pengetahuan dan ilmu agama dengan menggunakan pendekatan teks dan konteks; b) proses belajar mengajar dengan menggunakan pedekatan multi interdisipliner dan multi perspektif; c) proses pendidikan karakter dan kepribadian dengan menggunakan pendekatan kultur dan budaya dalam mileu atau bi’ah yang islamiy (tradisi pesantren). Adapun internalisasi di Universitas Malaya dapat dibagi ke dalam tiga poin: 1. Objek internalisasi. Objek internalisasi ini bukan mahasiswa, tapi hanya staf (karyawan dan dosen). Karenanya tidak secara langsung berkaitan dengan program pembuatan kurikulum pembelajaran di kelas. 2. Culture building. POISE ini dijadikan sebagai dasar budaya kerja staf dalam melayani stakeholders dan berkhidmat kepada negara dan kemanusiaan. 3. Harmony building. Dan 3) Hambatan dan Tantangan dalam mengiterpretasi dan menginternalisasikan nilai-nilai moderasi adalah kurang sosialisasi, keterbatasan anggaran, kemampuan dosen beragam dalam strategi pembelajaran secara intergratif, dan shock culture dalam kerja.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: moderasi beragama; interpretasi; internalisasi; UIN Malang; University Malaya Malaysia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department of Islamic Constitutional Law
Depositing User: Unnamed user with email abdulkadir@uin-malang.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:24

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item