Pengembangan aplikasi e-learning pembelajaran bahasa Arab interaktif bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (sertifikat hak cipta)

M. Abdul Hamid, Nur Qomari dkk (2023) Pengembangan aplikasi e-learning pembelajaran bahasa Arab interaktif bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (sertifikat hak cipta). 000437835.

[img] Text
17387.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan di seluruh sektor kehidupan. Termasuk kegiatan perkuliahan dan pelayanan kepada seluruh mahasiswa secara daring juga dilakukan di hampir seluruh universitas di Indonesia dan termasuk juga di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Pembelajaran materi-materi perkuliahan pun banyak yang dilakukan secara daring termasuk materi pembelajaran bahasa Arab. Untuk melaksanakan pembelajaran bahasa Arab secara daring ini tentunya dibutuhkan aplikasi yang handal dan praktis, agar proses pembelajaran dapat dilakukan dengan mudah dari seluruh penjuru Indonesia dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Artinya dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat memfasilitasi implementasi pembelajaran materi pembelajaran bahasa Arab.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk pengembangan aplikasi ini dikembangkan sebagai aplikasi e-learning pendukung yang digunakan dalam pengembangan kemampuan berbahasa Arab para mahasiswa di tingkat PTKIN. Prosedur pengembangan aplikasi e-learning pembelajaran bahasa Arab interaktif bagi mahasiswa PTKIN ini menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Adapun tahapan-tahapan dan langkah-langkah pengembangan aplikasi e-learning pembelajaran bahasa Arab Interaktif ini telah dilakukan dengan prosedural yang benar sesuai yang telah direncanakan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan produk aplikasi e-learning dapat menjadi produk yang sangat baik dan sangat tepat.
Pengembangan aplikasi e-learning pembelajaran bahasa Arab interaktif berbasis web ini cocok untuk kelas online, menggunakan teknologi yang sederhana dan efisien, mudah diakses utamanya dengan komputer, laptop, atau smart phone yang terinstal google chrome, menampilkan penjelasan dari pelajaran yang ada secara interaktif. Lebih dari itu, aplikasi e-learning pembelajaran bahasa Arab interaktif ini mudah digunakan, fleksibel, aman, dan ramah seluler.
Dari hasil angket dan wawancara menunjukan bahwa aplikasi e-learning pembelajaran bahasa Arab interaktif ini sangat laik dan sangat baik untuk membantu mahasiswa PTKIN dalam pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan hasil angket, aplikasi e-learning pembelajaran bahasa Arab ini menunjukkan hasil efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab pembelajar. Penggunaan aplikasi e-learning yang dikembangkan adalah efektif dan interaktif dalam rangka peningkatan antusias, semangat, dan perolehan belajar mahasiswa, sehingga aplikasi e-learning ini layak digunakan untuk para mahasiswa. Ini berarti program aplikasi e-learning telah memenuhi beberapa syarat sehingga bisa dikatakan baik.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: pengembangan; aplikasi e-learning; pembelajaran interaktif
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: M. Abdul Hamid
Date Deposited: 11 Dec 2023 15:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item