Religious authorities of female ustadzahs in the internet: the discourse of religious moderation represented in two ustadzahs’ videos

Rahayu, Mundi ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1089-2551 and Muntaqim, Abdul (2023) Religious authorities of female ustadzahs in the internet: the discourse of religious moderation represented in two ustadzahs’ videos. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17392.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini membahas wacana moderasi beragama, khususnya dalam pandangan Islam, dalam video youtube yang disampaikan oleh dua ustadzah (Mamah Dedeh dan Oki Setiana Dewi). Pembahasan moderasi beragama menjadi isu penting di Indonesia, dan sesuai dengan tema penelitian di Diktis. Moderasi beragama dalam media baru internet mempunyai nilai kebaruan dalam penelitian, khususnya dari segi objek penelitiannya, yakni moderasi dalam pandangan ustadzah yang popular di dunia internet dewasa ini, yakni Mamah Dedeh dan Oki Setiana Dewi (OSD). Penelitian ini menggunakan model analisis CDA Fairclough, dengan tiga tingkatan analisis, yakni analisis mikro, meso dan makro. Melalui analisis tersebut terlihat bagaimana Mamah Dedeh membangun wacana moderasi beragama dengan lebih mengedepankan pembahasan pada persoalan sehari-hari yang dihadapi oleh para Wanita, mengingat mayoritas jamaahnya adalah perempuan. Tema yang mengemuka adalah tentang Wanita karir, kebohongan yang bisa diterima, larangan untuk melakukan body shaming. Sementara itu, Oki Setiana Dewi lebih akademis dengan membahas tema toleransi, menghadapi perbedaan dan cinta tanah air. Dilihat dari tema moderani beragama, Oki Setiana Dewi secara langsung membahas tema moderasi secara literal. Sementara itu, dari aspek otoritas agama, Mamah Dedeh dan OSD sama-sama menunjukkan otoritas sebagai pendakwah dengan selalu mengutip ayat Quran dan Hadist secara fasih. Mamah Dedeh lebih interaktif dengan audience/jamaahnya daripada OSD, yang membangun kedekatan dan pengaruh terhadap jamaahnya. Secara kesleuruhan otoritas religious kedua ustadzah ini cukup kuat dengan kelompok audience yang berbeda satu sama lain.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: religious authority; religious moderation; popular ustadzah; Mamah Dedeh; Oki Setiana Dewi
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Dr Mundi Rahayu
Date Deposited: 11 Dec 2023 15:27

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item