Sandy Tegariyani Putri, Akhmad Mukhlis dkk (2023) Aku sayang bumi : ayo jaga bumi kita tetap sehat (sertifikat hak cipta). 000548077.
Text
17393.pdf Download (2MB) |
Abstract
Alam sekitar dan manusia merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan. Hubungan timbal balik positif diperlukan bagi keberlanjutan kehidupan. Usia dini merupakan fase pondasi untuk menumbuhkan perilaku positif bagi anak dalam hal ini adalah perilaku positif terhadap lingkungan sekitarnya. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mendukung perilaku positif anak terhadaplingkungan sekitarnya adalahmeleluipembelajaran interaktif. Pebelajaran interaktif memberikan kesempatan anak untuk mengeksplorasi dan belajar langsung dari objek yang ada di lingkungan sekitar anak. Pembelajaran interkatif memberikan kesempatan anak untuk tetap belajar di kelas fisik dan belajar secara langsung di lingkungan sehingga anak dapat mengembangkan pemahaman terhadap eksistensi mahkluk hidup lain. Pada kurikulum Merdeka anak memiliki kesemptan untuk lebih dapat berksplorasi melalui kegiatanberbasisprojek. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin merupakan salah satu bentuk kegiatan kokulikuler pada kurikulum Merdeka yang diterapkan saat ini. Pada kegiatan projek P5 dan PPRA tema yang paling dekat dengan pembelajaran lingkungan hidup adalah Aku Sayang Bumi. Melalui tema aku sayang bumi dapat dikembangakan ketrampilan yang berkaitan dengan upayapengenalan lingkungan hidup. Tema Aku sayang bumi dengan topik ayo jaga bumi kita tetap sehat merupakan salah satu tema penting yang perlu dikenalkan kepada anak. Peilaku menjaga bumi tetap sehat pada anak perlu diberikan sejak dini agar muncul sebagai “genuine behavior”. Menyiapkan anak untuk menjadi active global citizens itu seperti memberi mereka peta untuk menjelajahi dunia dengan mata terbuka. Pertama-tama, ini membantu mereka memahami dan menghargai lingkungan terdekatnya. Dengan memiliki wawasan yang luas, mereka dapat membuka pikiran mereka terhadap cara pandang yang berbeda dan mengatasi stereotip. Dengan menyiapkan anak menjadi warga dunia yang aktif mereka akan mempu berperan serta menempatkan diri untuk mencari solusiterhadap permasalahan yang terjadi di sekitarnya
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | anak usia dini; lingkungan hidup; PIAUD |
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education |
Depositing User: | Melly Elvira |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 15:29 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |