Menyelidiki implikasi etis dari pengintegrasian generator teks kecerdasan buatan dalam penulisan akademik

Shofiah, Nurul, Ridho, Ali and Putera, Zulmy Faqihuddin (2023) Menyelidiki implikasi etis dari pengintegrasian generator teks kecerdasan buatan dalam penulisan akademik. Presented at Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII, 25-28 Oct 2023, Jakarta.

[img]
Preview
Text
17424.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tren perkembangan kecerdasan buatan saat ini yakni sistem natural language processing (NLP) seperti peluncuran Generative Pretrained Transformer (GPT). Perkembangan ini menggeser fokus pada keterampilan dan kompetensi, serta mendefinisikan ulang peran lembaga pendidikan. Penggunaan kecerdasan buatan dalam di lingkungan akademik memiliki potensi untuk menawarkan berbagai manfaat tetapi juga menimbulkan berbagai tantangan dan kekhawatiran, khususnya dengan kejujuran, integritas akademik, dan plagiarisme. Pemaparan tinjauan literatur ini menjelaskan tantangan mengenai implikasi kecerdasan buatan yang dimanfaatkan di lingkungan akademik dan memaparkan penggunaan NLP generator teks AI dalam perpektif etika dan integritas akademik. Penggunaan kecerdasan buatan secara etis dalam penelitian dan penerbitan ilmiah memerlukan pertimbangan yang cermat atas manfaat dan kekurangannya serta komitmen untuk mempertahankan standar integritas dan transparansi tertinggi. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan, pedoman, dan praktik terbaik untuk penggunaan teknologi AI yang etis dan efektif, seperti ChatGPT, dalam pendidikan melalui dialog dan kolaborasi berkelanjutan di antara semua pemangku kepentingan. Para akademisi perlu mengatasi tantangan dan mengembangkan strategi untuk memastikan implementasi yang bertanggung jawab dan adil untuk memaksimalkan manfaat AI dalam pendidikan. Penting untuk mengedukasi generasi berikutnya tentang keterbatasan dan potensi bias AI serta cara mengevaluasi informasi. Selain itu, menggunakan alat kecerdasan buatan dengan hati-hati dan meninjau informasi yang dihasilkan dengan lebih dari satu orang direkomendasikan untuk memverifikasi keakuratan dan validitasnya.

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: integritas akademik; generator teks; kecerdasan buatan; penulisan akademik
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080107 Natural Language Processing
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Nurul Shofiah
Date Deposited: 13 Dec 2023 10:43

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item