Analisis tingkat keparahan stroke melalui analisis tekstur citra CT-Scan kepala dengan metode gray level run length matrix

Mulyono, Agus ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2574-1791 and Muthmainnah, Muthmainnah (2023) Analisis tingkat keparahan stroke melalui analisis tekstur citra CT-Scan kepala dengan metode gray level run length matrix. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17426.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan ketepatan dan ketelitian diagnosis tingkat keparahan penyakit stroke menggunakan citra CT SCAN kepala. Dengan memanfaatkan analisis tekstur menggunakan metode Gray Level Run Length Matrix (GLRLM), penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas fitur-fitur seperti Short Run Emphasis (SRE), Long Run Emphasis (LRE), Gray Level Non-Uniformity (GLN), Run Length Non-Uniformity (RLN), Low Gray-Level Run Emphasis (LGRE), dan High Gray-Level Run Emphasis (HGRE) dalam membedakan tingkat keparahan penyakit stroke. Metode ini melibatkan ekstraksi fitur GLRLM dari citra CT SCAN kepala responden yang menderita penyakit stroke, diikuti oleh uji statistik, termasuk analisis diskriminan, untuk mengevaluasi kontribusi masing-masing fitur dalam diagnosis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur seperti RLN dan LGRE secara signifikan dapat membedakan antara kelompok pasien dengan jenis stroke yang berbeda, khususnya antara kelompok ischemic dan hemoragik. Penemuan ini memberikan wawasan tambahan tentang distribusi panjang run dan derajat keabuan pada citra CT SCAN, membantu dalam pemahaman dan diagnosis tingkat keparahan penyakit stroke. Oleh karena itu, analisis tekstur dengan metode GLRLM memiliki potensi sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan diagnosis penyakit stroke melalui citra CT SCAN kepala.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: analisis citra; GLRLM; CT Scan; stroke; analisis tekstur
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0205 Optical Physics > 020502 Lasers and Quantum Electronics
02 PHYSICAL SCIENCES > 0205 Optical Physics > 020599 Optical Physics not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Physics
Depositing User: muthmainnah muthmainnah
Date Deposited: 13 Dec 2023 10:24

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item