Potensi serangga tanah sebagai bioindikator kualitas tanah di perkebunan jeruk Kecamatan Dau Kabupaten Malang

Suheriyanto, Dwi, Balliesta, Laviola Shallva and Patrisia, Putri (2023) Potensi serangga tanah sebagai bioindikator kualitas tanah di perkebunan jeruk Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Project Report. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17436.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)

Abstract

Jeruk merupakan salah satu komoditas buah-buahan yang mempunyai peranan penting di pasaran dunia maupun dalam negeri, baik dalam bentuk segar maupun olahannya. Produksi jeruk dapat turun karena adanya serangan hama dan penyakit. Petani pada umumnya mengatasi gangguan tersebut dengan mengaplikasikan pestisida. Petani membutuhkan indikator peringatan dini kualitas tanah dan alat pemantauan untuk memandu pengelolaan tanah. Serangga mempunyai potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai bioindikator tanah. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi genus serangga tanah, menganalisis kelimpahan dan keanekaragaman genus serangga tanah, menganalisis sifat fisik dan kimia tanah, menganalisis hubungan antara kelimpahan genus serangga tanah dengan sifat fisik dan kimia tanah dan mengetahui genus serangga tanah yang berpotensi sebagai bioindikator kualitas tanah di perkebunan jeruk Kecamatan Dau Kabupaten Malang.
Penelitian dilakukan di perkebunan jeruk konvensional dan perkebunan jeruk semiorganik Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Di setiap lokasi dilakukan pengamatan terhadap serangga tanah dengan membuat 3 stasiun pengamatan. Metode yang digunakan adalah metode pitfall trap dan hand sorted. Sampel tanah diambil dari tiap titik pengamatan mengetahui faktor fisik dan kimia tanah. Data serangga tanah dianalisis untuk mengetahui indeks keanekaragaman Shannon (H’) dan Indicator Value Index (IndVal). Data sifat fisik tanah, kimia tanah dan serangga tanah dilakukan analisis multivariate, yaitu Principal Componen Analysis (PCA), similaritas, Canonical Correspondence Analysis (CCA). Analisis H’, PCA, similaritas dan CCA menggunakan program PAST versi 4.03, sedangkan IndVal menggunakan software R.
Hasil penelitian di perkebunan jeruk Kecamatan Dau Kabupaten Malang mendapatkan 19 genus serangga tanah, yang masuk dalam 13 famili dan 7 ordo. Kelimpahan serangga tanah tertinggi di perkebunan jeruk konvensional dan semiorganik diduduki oleh genus Solenopsis (Hymenoptera: Formicidae). Genus Solenopsis masuk dalam kelompok semut. Keanekaragaman serangga tanah di perkebunan jeruk semiorganik lebih tinggi dibandingkan perkebunan jeruk konvensional. Faktor fisik dan kimia tanah yang ada di perkebunan jeruk konvensional dan semiorganik Kecamatan Dau Kabupaten Malang memiliki kriteria pH tanah masam, C-organik, N total dan K rendah, sedangkan C/N rasio, bahan organik dan P sedang. Perkebunan jeruk konvensional dicirikan dengan C/N, C organik tanah, bahan organik, suhu, dan K yang berhubungan dengan genus Pheropsophus (Coleoptera: Carabidae), Xylosandrus (Coleoptera: Curculionidae), dan Gryllus (Coleoptera: Gryllidae). Perkebunan jeruk semiorganik dicirikan dengan pH, dan kelembapan tanah yang berhubungan dengan genus Blatta (Blattodea: Blattidae), Copris (Coleoptera: Scarabaeidae), Pangaeus (Hemiptera: Cydnidae), Anoplolepis (Hymenoptera: Formicidae), Odontoponera (Hymenoptera: Formicidae), Coptotermes (Isoptera: Isoptera), dan Gryllotalpa (Orthoptera: Gryllotalpidae). Seranga tanah yang berpotensi sebagai bioindikator kualitas tanah di perkebunan jeruk semiorganik diperoleh genus Diplotaxis (Coleoptera: Scarabaeidae), Gryllotalpa (Orthoptera: Gryllotalpidae) dan Anoplolepis (Hymenoptera: Formicidae). Genus Gryllotalpa (Orthoptera: Gryllotalpidae) dan Anoplolepis (Hymenoptera: Formicidae) berpotensi sebagai bioindikator pH dan kelembapan tanah.

Item Type: Research (Project Report)
Keywords: bioindikator; Dau; perkebunan jeruk; serangga; tanah
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0503 Soil Sciences
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Dr. Dwi Suheriyanto
Date Deposited: 13 Dec 2023 13:52

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item