Identifikasi karya ulama di wilayah Malang

Mudawamah, Nita Siti, Fajriyah, Annisa ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8624-3008, Puspita, Anindya Gita and Rifqi, Ach. Nizam ORCID: https://orcid.org/0009-0005-8134-4044 (2023) Identifikasi karya ulama di wilayah Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17445.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tradisi intelektual para ulama telah menghasilkan beragam kajian dalam bidang keislaman. Kajian karya ulama ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif sehingga dapat menggali fenomena lebih luas dan mendalam sesuai dengan kondisi lapangan ketika melakukan observasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi langsung dan wawancara pada informan terkait. Observasi akan dilakukan selama 6 (enam) bulan dengan menelusuri keberadaan karya tulis ulama yang ada di pondok-pondok pesantren area Malang, Jawa Timur. Penelitian karya ulama di wilayah Malang, berhasil mendata karya-karya ulama baik berupa tulisan tangan maupun cetak. Pondok pesantren yang ada di seluruh wilayah Malang merupakan target utama lokasi yang dikunjungi. Hasilnya sebanyak 39 karya yang bukan manuskrip berhasil diidentifikasi peneliti dengan berbagai topik bahasan mulai dari hadis, sekte dan aliran agama Islam, fiqih, doa dan wirid, tasawuf, aqidah, akhlaq, tata bahasa, tauhid, dan juga biografi. Sebanyak 13 karya manuskrip berhasil diidentifikasi oleh tim peneliti dengan sebaran lokasi yang berbeda-beda, mulai dari pondok pesantren sampai dengan kediaman ulama. Seluruh naskah manuskrip yang ditemukan sudah dalam kondisi rapuh dan lapuk saat ini. Peninggalan karya para ulama tentunya menjadi warisan ilmu pengetahuan, sejarah dan budaya yang perlu dilestarikan agar nilai informasi yang telah dihasilkan tidak lekang oleh waktu.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: identifikasi karya ulama; manuskrip; Malang
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies
Divisions: Faculty of Technology > Department of Library and Information Science
Depositing User: Nita Siti Mudawamah
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item