Inovasi pencatatan keuangan pesantren menuju kemandirian ekonomi

Segaf, Segaf ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0017-1021 (2023) Inovasi pencatatan keuangan pesantren menuju kemandirian ekonomi. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17448.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan telaah mendalam tentang inovasi pengelolaan keuangan pesantren menuju kemandirian ekonomi. Deain penelitian ini adalah studi kasus tunggal di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Mojokerto Jawa Timur dengan unit analisis berganda yang disesuaikan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan paradigma konstruktif. Tiga unit analisis terdiri dari individu, kelompok maupun sistem organisasi. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya inovasi pengelolaan keuangan yang melibatkan holding company PT. Rijan Dinamis Selaras yang mensinergikan prinsip keuangan Islam dengan memperhitungkan dana waqaf dan infaq produktif. Inovasi ini mengarahkan pesantren memiliki kemampuan ekonomi secara mandiri.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: inovasi; pengelolaan keuangan; pesantren; kemandirian ekonomi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Segaf Segaf
Date Deposited: 13 Dec 2023 16:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item