Relasi antara self compassion, perceiving social support, academic stress dan mental well being mahasiswa fast track UIN Malang

Ahyani, Shidqi, Sari, Sulistya Umie Ruhmana, Kadarisman, Ali and Darmawan, Muhammad Luthfi (2023) Relasi antara self compassion, perceiving social support, academic stress dan mental well being mahasiswa fast track UIN Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
17474.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Program Fast Track di UIN Malang adalah program pendidikan yang dirancang khusus untuk mahasiswa yang ingin menyelesaikan gelar Sarjana (S1) dan Magister (S2) dalam waktu yang relatif singkat. Dalam program Fast Track, mahasiswa akan mengambil mata kuliah S2 pada saat mereka masih menjalani semester ketujuh di S1. Penelitian mengenai hubungan antara self compassion, persepsi dukungan sosial, stres akademik, dan kesejahteraan mental pada mahasiswa Fast Track di UIN Malang sangat penting. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini menemukan bahwa, (1). Tingkat Self-compassion, Perceiving Social Support, Academic Stress, dan Mental Well-Being mahasiswa Fast Track UIN Malang menggambarkan landskap yang beragam dalam pengalaman mahasiswa. Secara umum mahasiswa fast track memiliki kemampuan moderat untuk bersikap lembut dan memahami diri sendiri di hadapan kesulitan serta mendapatkan dukungan sosial yang kuat dari sekitarnya. (2). Terdapat hubungan yang signifikan antara Self Compassion dan Perceiving Social Support (r=0,297, p=0,045). Ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa untuk bersikap lembut dan pemaaf terhadap diri sendiri dapat meningkatkan kemampuan untuk merasakan dan memanfaatkan dukungan dari lingkungan sosial.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: self compassion; perceiving social support; academic stress; mental well being; mahasiswa fast track
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Shidqi Ahyani
Date Deposited: 14 Dec 2023 16:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item