Analisis kecerdasan verbal linguistik dan implikasinya terhadap perkembangan pembelajaran Bahasa Arab mahasiswa ditinjau dalam konsep andragogi (sertifikat hak cipta)

Danial Hilmi, Nur Toifah, dan Halimatus Sa'diyah (2023) Analisis kecerdasan verbal linguistik dan implikasinya terhadap perkembangan pembelajaran Bahasa Arab mahasiswa ditinjau dalam konsep andragogi (sertifikat hak cipta). 000564616.

[img] Text
17478.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bahasa Arab memiliki peran penting dalam penguasaan materi keagamaan pada mahasiswa Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia. Kecakapan dalam membaca teks Arab dan memahami kandungan al-Qur’an dan Hadits melalui tafsirnya tentunya akan mengantarkan kepada pemahaman tentang ke-Islaman yang harus dimiliki lulusan. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa Arab yaitu kecerdasan verbal linguistik, sehingga peserta didik menguasai potensi untuk mengembangkan kecakapan berbahasa. Kecerdasan tersebut bisa dilihat dari penuangan ide dan gagasan dalam bahasa Arab, baik secara lisan maupun tulisan. Penyediaan pola pembelajaran andragogi yang dikhususkan untuk pembelajar dewasa tentunya akan bergantung pada kondisi lingkungan dan diri mahasiswa disertai faktor luar baik dari dosen pengajar maupun unsur lain yang menunjang. Hal ini perlu diperhatikan agar perkembangan belajar bahasa Arab tetap terjaga dan juga kecerdasan visual linguistik tetap pada frame yang tepat untuk diasah. Penelitian ini menggunakan mixed method yang mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah field research dengan pola studi korelasional yang menggambarkan kecerdasan verbal linguistik mahasiswa. Sedangkan obyek penelitiannya adalah mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Sumber data utama adalah mahasiswa tentang kecerdasan verbal linguistik dan bentuk implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Arab, dosen pengajar bahasa Arab, serta dokumen rujukan konsep andragogi dari berbagai literatur. Selanjutnya teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, penyebaran kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kecerdasan verbal linguistik mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tergolong cukup baik dengan mean 73,75, dan sangat relevan untuk dapat menyerap materi bahasa Arab dengan baik serta memiliki potensi untuk berkembang secara optimal. Sedangkan kecerdasan verbal linguistik mahasiswa baru UIN Antasari Banjarmasin tergolong cukup baik dengan mean 75,41 dan sangat relevan untuk dapat menyerap materi bahasa Arab dengan baik juga memiliki potensi untuk berkembang secara optimal. 2) Perkembangan hasil belajar bahasa Arab mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tergolong baik dengan rata-rata 73,31 yang bermakna adanya peningkatan kemampuan belajar bahasa Arab yang signifikan. Sedangkan Perkembangan hasil belajar bahasa Arab mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin tergolong baik dengan rata-rata 76,63 yang bermakna adanya peningkatan kemampuan belajar bahasa Arab yang signifikan. 3) Implikasi kecerdasan verbal linguistik terhadap perkembangan belajar bahasa Arab ditinjau dalam konsep andragogi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah terbentuknya pembiasaan belajar bahasa Arab secara mandiri, terwujudnya pengalaman berbahasa sebagai modal belajar berkelanjutan, terwujudnya kesiapan belajar berdasar kebutuhan mahasiswa, dan memiliki orientasi untuk mengembangkan kompetensi bahasa Arab. Sedangkan di UIN Antasari Banjarmasin adalah tumbuhnya kemandirian dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Arab, berkembangnya kemampuan bahasa Arab berdasarkan pengalaman, memiliki kesiapan mental dalam belajar bahasa Arab, serta terwujudnya kejelasan arah dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: andragogi; pembelajaran Bahasa Arab; kecerdasan verbal linguistik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Danial Hilmi
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:14

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item