Smart academic community readiness assessment and strategic management for building Islamic smart university base on Internet of Things and Information Technology Service Management (ITSM)

Abidin, Munirul, Muslimin, Imam, Ali, Hairuddin bin Mohn and Pradanimas, Aqilla (2023) Smart academic community readiness assessment and strategic management for building Islamic smart university base on Internet of Things and Information Technology Service Management (ITSM). Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17516.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh kesiapan civitas akademika, penerapan Internet of Things, dan Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi terhadap peningkatan kinerja perguruan tinggi. Penelitian ini juga ingin mengetahui apakah ITSM memoderasi hubungan antara kesiapan masyarakat dengan implementasi IoT dan kinerja universitas. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan tipe korelasional. Data dianalisis menggunakan program SmartPLS 3.2.9 dengan dua tahap yaitu analisis model luar dan model dalam. Penelitian ini dilakukan di beberapa perguruan tinggi Islam di Indonesia dan Malaysia. Sampel dipilih secara acak dari tiga perguruan tinggi dengan melibatkan 382 responden. Data dikumpulkan melalui Google form yang disebarkan melalui media sosial seperti Whatsapp, email, dan Telegram. Penelitian ini menemukan bahwa kesiapan masyarakat, penerapan IoT, dan ITSM berpengaruh langsung terhadap kinerja universitas. Penelitian ini juga menemukan bahwa ITSM memoderasi hubungan antara kesiapan masyarakat dengan implementasi IoT dan kinerja universitas. Penelitian ini merekomendasikan agar perguruan tinggi mempersiapkan sivitas akademikanya menjadi smart community dan mengadopsi teknologi IoT untuk meningkatkan kinerja dan konektivitas di lingkungan kampus menjadi smart university.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: smart university; internet of things; ITSM; university performance
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: munirul abidin
Date Deposited: 18 Dec 2023 10:14

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item