Tasawwur tholabah fashli al iqtishod ‘ala ta’lim maharah al kitabah

Salis, Rohmatulloh (2023) Tasawwur tholabah fashli al iqtishod ‘ala ta’lim maharah al kitabah. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17545.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik menulis di Program Khusus Perkuliahan Bahasa Arab (PKPBA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan pendapat mahasiswa terhadap penggunaan teknik teersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data adalah kurikulum pembelajaran, proses pembelajaran, dan mahasiswa. Instrumen penelitian adalah observasi dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data deskriptif kualitataif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Teknik menulis di PKPBA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang diterapkan dalam beberapa tahap, yaitu: (a) pembukaan dan pembentukan group WA, (b) dosen dan mahasiswa membicarakan suatu tema, (c) dosen menyuruh mahasiswa menulis kalimat sebanyak mungkin tentang topik yang dibahas, dengan memperhatikan karakteristik-karakteristik dalam teknik menulis (d) dosen menyuruh mahasiswa untuk menyterhakan hasil tulisannya (e) mahasiswa menyampaikan dan mendiskusikan kendala-kendala yang dihadapi pada saat menulis seperti kosakata baru, dan lainlain, (f) dosen mengambil secara acak beberapa kesalahan tulisan mahasiswa kemudian menjelaskan dan memperbaikinya, (g) bersama-sama melihat tulisan dan menghitung jumlah kosakata untuk menentukan pemenang, dan (h) penutup. 2) Semua mahasiswa merasa senang dan berpendapat bahwa penerapan teknik menulis Derby Writing berbasis sangat tepat karena membantu mereka menghilangkan ketakutan pada saat menulis dan meningkatkan kebiasaan dan kenikmatan dalam menulis.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: teknik pembelajaran; menulis; teknik menulis
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Rohmatulloh Salis
Date Deposited: 20 Dec 2023 13:42

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item