Edukasi zat aditif makanan yang berbahaya dan cara analisa secara sederhana di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang

Khoiroh, Lilik Miftahul ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6634-6571, Hanapi, Ahmad and Kartika, Siska Ela ORCID: https://orcid.org/0009-0003-9427-0393 (2023) Edukasi zat aditif makanan yang berbahaya dan cara analisa secara sederhana di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang. Community Service Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17567.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Zat aditif merupakan bahan yang ditambahkan ke dalam makanan untuk memperbaiki citra rasa maupun penampilan. Zat aditif berbahaya seringkali ditambahkan oleh produsen yang dapat menyebabkan berbagaia macam penyakit, namun hal tersebut jarang diketahui oleh konsumen khususnya ibu-ibu rumah tangga yang menyiapkan makanan buat keluarganya. Tujuan dari pelaksanaan pengadian ini adalah agar masyarakat kelurahan Tlogomas mengetahui dampak negatif penggunaan zat aditif berbahaya pada makanan dan dapat secara mandiri melakukan analisis zat aditif pada makanan secara sederhana. Hasil pengabdian menunjukkan masyarakat kelurahan Tlogomas paham terhadap zat aditif namun mereka kurang menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi. Masyarakat juga paham tentang bahaya penggunaan boraks dan formalin pada makanan namun tidak mengetahui cara yang sederhana dalam mendeteksi zat aditif tersebut. Kunyit jika berinteraksi dengan natrium boraks akan berwarna merah sedangkan bunga telang jika berinteraksi dengan kunyit akan berwarna hijau. Sedangkan untuk mengidentifikasi adanya formalin yaitu dengan meneteskan getah papaya pada larutan formalin sehingga terbentuk gumpalan putih.

Item Type: Community Service
Keywords: Zat Aditif; Analisis Sederhana; Masyarakat; Bahan Alam
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0302 Inorganic Chemistry > 030203 Inorganic Green Chemistry
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: lilik miftahul khoiroh
Date Deposited: 27 Dec 2023 10:16

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item