Pengembangan program kesadaran kesehatan mental mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Wahyuni, Esa Nur, Rahayu, Iin Tri and Mangestuti, Retno ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5662-3931 (2023) Pengembangan program kesadaran kesehatan mental mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Research Report. UIN Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17576.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan kesadaran terhadap kesehatan mental di kalangan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam menjadi perhatian penting mengingat tantangan dan tekanan yang dihadapi dalam lingkungan akademik dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program kesehatan mental yang memenuhi kriteria keberterimaan (acceptabilitas) di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.
Desain penelitian yang digunakan adalah research & development dengan fokus pada pengujian tingkat keberterimaan (akseptabilitas) program kesadaran kesehatan mental. Pengujian dilakukan terhadap empat dimensi, yaitu kegunaan, kelayakan, keefisienan, dan keefektifan program. Data dikumpulkan melalui empat tahapan yaitu : 1) need assessment, 2) penyusunan modul, 3) Penilaian ahli (Expert Judgment) dan pengguna, 5) uji keefektifan. Dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Penilaian ahli (Expert Judgment) dan pengguna. Modul pelatihan terdiri dari materi : kesadaran kesehatan mental, manajemen emosi, dan ketrampilan social.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kesadaran kesehatan mental yang dikembangkan melalui program pelatihan memiliki tingkat keberterimaan yang tinggi di kalangan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Berdasarkan hasil penilaian expert judgment dan pengguna, modul pelatihan sudah memenuhi standar pada aspek teknis maupun substansi sehingga dapat digunakan dalam pelatihan kesadaran kesehatan mental.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Kesadaran Kesehatan Mental; Akseptabilitas; Expert Judgment
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr. Retno Mangestuti, M.Si
Date Deposited: 21 Dec 2023 11:09

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item