Efektivitas model integrasi metode pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Team-Based Learning (TBL) (PAINTBALL : PBL Activity Integration with TBL Model) Di Program Studi Pendidikan Dokter FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Kusuma, Yossi Indra ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0636-9090, Herawangsa, Sarah and Kusuma, Muhammad A’raaf Sirojan (2023) Efektivitas model integrasi metode pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Team-Based Learning (TBL) (PAINTBALL : PBL Activity Integration with TBL Model) Di Program Studi Pendidikan Dokter FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17578.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Team-Based Learning (TBL) merupakan metode pembelajaran baru yang sedang dikembangkan oleh beberapa institusi pendidikan kedokteran, selain Problem-Based Learning (PBL) yang telah lebih dahulu banyak digunakan. Struktur dalam metode pembelajaran TBL mirip dengan PBL, yaitu desain instruksionalnya menciptakan efektivitas dari pembelajaran mandiri dalam kelompok kecil. Namun dalam beberapa aspek kedua metode pembelajaran ini memiliki beberapa perbedaan, dimana perbedaan ini dapat saling melengkapi kekurangan dari keduanya. Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah mengimplementasikan salah satu model integrasi kedua metode pembelajaran ini sejak tahun 2019, yang diberi nama PAINTBALL (PBL Activity Integration with TBL Model). Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas metode ini dengan melakukan survey untuk menilai persepsi mahasiswa terkait akuntabilitas, preferensi dan kepuasan mereka terhadap pengalaman belajar mereka dengan menggunakan instrument PAINTBALL - Student Assessment Instrument. Subjek penelitian pada penelititan ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Dokter FKIK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini memberikan hasil persepsi mahasiswa terhadap akuntabilitas dalam menjalani metode pembelajaran PAINTBALL adalah positif, persepsi mahasiswa terhadap preferensi adalah mereka lebih cenderung memiliki preferensi yang lebih terhadap metode pembelajaran PAINTBALL, persepsi mahasiswa terhadap kepuasan mereka dengan metode pembelajaran PAINTBALL adalah positif dan persepsi secara total terhadap pembelajaran PAINTBALL adalah positif. Hasil analisis kualitatif terhadap pendapat Mahasiswa menyatakan bahwa mayoritas memiliki persepsi positif dan menganggap bahwa pembelajaran PAINTBALL memiliki dampak yang positif terhadap pembelajaran, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran PAINTBALL efektif untuk digunakan di PSPD FKIK UINMA.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Problem Based Learning; Team Based Learning; Integrasi Metode Pembelajaran; Integrasi PBL dan TBL
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1199 Other Medical and Health Sciences > 119999 Medical and Health Sciences not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Medical Education
Depositing User: Yossi Indra Kusuma
Date Deposited: 21 Dec 2023 11:27

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item