Model integrasi sains dan Islam dalam maqashid syariah untuk mewujudkan kimia hijau di Jurusan Kimia UIN Malang

Yulianti, Eny and Prasetyo, Oky Bagas (2021) Model integrasi sains dan Islam dalam maqashid syariah untuk mewujudkan kimia hijau di Jurusan Kimia UIN Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17581.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Maraknya kerusakan alam akibat ulah manusia khususnya pencemaran lingkungan perlu mendapatkan perhatian yang serius. Masuknya limbah industri ke lingkungan membawa dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Demikian pula penggunaan senyawaan kimia dalam teknologi pangan berupa pengawet, pewarna perisa, penstabil kiranya juga perlu mendapatkan perhatian yang serius. Kerusakan alam akibat pencemaran bahan kimia, maupun menurunnya kesehatan akibat penyalahgunaan bahan kimia, membutuhkan perhatian banyak pihak.
Untuk pemahaman keagamaan di kalangan umat Islam, beberapa kelompok masih bersikeras pada pemahaman yang berpusat pada teologis. Orang dengan pemahaman seperti ini akan memahami bencana alam seperti tsunami dan banjir sebagai takdir Tuhan, dan tidak akan menganggap krisis ekologi ini sebagai krisis kemanusiaan, krisis moralitas sosial, di mana manusia tidak memahami hokum dari alam. Kemudian, bencana yang mereka hadapi hanya melalui do’a, permohonan ampun, istighasah, peringatan hari nasional dan upacara lainnya tanpa menggunakan metode ilmiah. Tuhan secara pribadi memerintahkan manusia untuk memahami fenomena alam dan sosial berdasarkan informasi ilmiah, dan hidup selaras dengan alam dengan menjaga keseimbangan ekosistem

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: green chemistry; maqoshid al syariah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220199 Applied Ethics not elsewhere classified
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: Bagas Prasetyo Oky
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:57

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item