Pengembangan Modul Qiraatul Kutub di Fakultas Syariah dengan Pendekatan Reading Comprehension

Ma'ali, Abul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6473-2783 and Zamroni, Muh. (2023) Pengembangan Modul Qiraatul Kutub di Fakultas Syariah dengan Pendekatan Reading Comprehension. Research Report. UIN Malang, Malang.

[img] Text
17599.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)

Abstract

Qiroataul kutub adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa seluruh program studi fakultas syariah, hal itu karena kemampuan membaca dan menelaah referensi atau rujukan berbahasa arab khususnya yang berupa kitab-kitab klasik adalah hal yang harus dikuasai oleh seluruh mahasiswa. Kemampuan menelaah rujukan-rujukan berbahasa Arab khusunya kitab-kitab klasik masih belun bisa dikuasai meskipun mahasiswa sudah mengikuti program khusus pengembangan Bahasa arab pada semester pertama dan semester kedua. Hal tersebut karena pembelajaran pada program khusus pengembangan Bahasa Arab hanya mengajarkan materi Bahasa Arab untuk kehidupan sehari-hari dan difokuskan untuk kemampuan komunikasi sehari-hari.
Pembelajaran mata kuliah qiroatul kutub di fakultas Syariah selama ini masih menggunakan metode pembelajaran tradisional. Metode yang digunakan dalam pembelajaran qiroatul kutub adalah metode qawaid dan tarjamah (grammar and translation method) hal itu karena pemilihan pengampu mata kuliah qiroatul kutub selama ini hanya didasarkan kemampuan dosen dalam membaca kitab-kitab klasik. Kemampuan membaca kitab-kitab klasik memang dibutuhkan oleh pengampu qiroatul kutub namun tidak semua yang mampu membaca kitab-kitab klasik mengetahui metode dan strategi pembelajaran qiroatul kutub yang efektif.
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan pembelajaran Bahasa Arab bagi non Arab di Indonesia, seyogyanya pengajaran mata kuliah qiroatul kutub memanfaatkan inovasi dan penelitian yang sangat melimpah dalam bidang tersebut. Hal itu karena mata kuliah qiroatul kutub pada dasarnya adalah salah satu pembelajaran dari empat kemampuan berbahasa (membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara). Qiroatul kutub adalah pembelajaran kemampuan membaca atau maharotul qiroah.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Qiroatul Kutub; Reading Comprehension; Modul
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department of Sharia Business Law
Depositing User: Abul Ma'ali
Date Deposited: 27 Dec 2023 09:15

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item