Pendidikan berbasis kompetensi Critical Thingking and Problem Solving (CTPS)

Esha, Muhammad In'am (2023) Pendidikan berbasis kompetensi Critical Thingking and Problem Solving (CTPS). In: Kebijakan pendidikan agama Islam. Kars Publisher, Tuban, pp. 1-3. ISBN 62-1438-3721-910 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
17600.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)

Abstract

Salah satu hal saat ini yang didorong dalam proses Pendidikan adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa terkait dengan Critical Thingking and Problem Solving (CPTS), yang merupakan salah satu kecakapan penting yang perlu dikembangkan dari waktu ke waktu yang tentunya berkenaan dengan persoalan momentum. Momentum penting CTPS menjadi hal yang harus didorong saat ini setidaknya adalah: pertama, pengembangan ilmu pengetahuan dengan kecepatan yang luar biasa. Kedua, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Ketiga, kapitalisasi pengetahuan. Dalam kondisi yang semacam itu, maka penguasaan kompetensi CTPS menjadi hal yang niscaya, sehingga diharapkan dapat melakukan adopsi, adaptasi, dan seleksi atas informasi yang kita terima, demikian pula berlaku untuk kompetensi Problem Solving. Kedua kompetensi tersebut (CTPS dan Problem Solving) tentunya harus dibarengi dengan sikap etis yang tidak boleh diabaikan, sehingga akan melahirkan sosok yang split personality karena sikap kritis itu mengandalkan aspek nalar rasionalitas. Sementara dalam diri manusia ada dimensi rasa, hati sehingga dua hal ini tentu harus seimbang.

Item Type: Book Section
Keywords: Critical Thingking And Problem Solving (CTPS)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Mufid Mufid
Date Deposited: 27 Dec 2023 10:30

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item