Pesantren dalam vuca world

Esha, Muhammad In’am (2023) Pesantren dalam vuca world. In: Militansi santri dalam menyonsong Indonesia emas: buku satu. UIN Maliki Press, Malang, pp. 13-21. ISBN 978-623-232-896-9; 978-623-232-897-6 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
17603.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kondisi dunia saat ini memasuki abad ke-21 sedang dihadapkan pada ketidakpastian dan anomali sehingga muncul istilah VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) yang dalam hasanah pengetahuan saat ini menggambarkan kebenaran fenomena dunia sedang bergejolak, dimensi ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas yang semakin menguat. Hal ini ditandai dengan kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi yang menjadikan volatilitas menjadi sangat cepat sehingga muncul perubahan dan tantangan baru yang penyebabnya sulit ditentukan atau disebut dengan banjir informasi, karena informasi yang berlebih (overloaded information) bisa menjadikan ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas semakin besar.

Pesantren sebagai sebuah entitas yang sangat penting dalam perjalanan Panjang Sejarah Indonesia sudah semestinya diberikan peran yang lebih strategis dalam proses Pembangunan bangsa dan negara. Dalam menghadapi situasi VUCA world seperti saat ini, pesantren dengan segala keunikannya pasti memiliki kerangka kerja yang patut diapresiasi atas perannya dalam bersama-sama membangun peradaban. Model peran yang mungkin bisa dipertimbangkan dalam konteks pesantren di era VUCA world saat ini dan di masa yang akan dating yaitu visi, unggul, cekatan, adaptif, pemimpin, solutif, transformasi, responsif, dan nilai.

Item Type: Book Section
Keywords: Pesantren; Vuca
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Mufid Mufid
Date Deposited: 27 Dec 2023 11:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item