ISLAM DI NEGERI DEWATA: KOSMOPOLITANISME DAN MODERASI BERAGAMA MUSLIM MINORITAS DI BALI STUDI DI MA KALIFA NUSANTARA DENPASAR BALI

Bakar, Abu (2023) ISLAM DI NEGERI DEWATA: KOSMOPOLITANISME DAN MODERASI BERAGAMA MUSLIM MINORITAS DI BALI STUDI DI MA KALIFA NUSANTARA DENPASAR BALI. Research Report. FITK UIN Malang. (Unpublished)

[img] Text
1. Laporan akhir abu bakar finish.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji moderasi beragama umat Muslim minoritas di Bali, khususnya di Madrasah Aliyah Kalifa Nusantara Denpasar Bali. Bali merupakan pulau yang mayoritas penduduknya beragama Hindu, dengan umat Muslim hanya sekitar 10% dari total penduduk. Dalam konteks minoritas, umat Muslim di Bali dituntut untuk dapat beradaptasi dengan budaya dan tradisi Hindu yang dominan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam kepala madrasah, guru, dan siswa Madrasah Aliyah Kalifa Nusantara Denpasar Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa moderasi beragama umat Muslim minoritas dari beberapa hal, yaitu: 1) Wujud moderasi beragama yang dipraktekkan pada dimensi pengetahuan, sikap dan Prilaku.2)Faktor-faktor apa yang mempengaruhi penerapan moderasi beragama terdiri dari falktor internal : pengetahuan,sikap dan prilaku.faktor eksternal dari keluarga,lingkungan madrasah, dan lingkungan masyarakat 3)implikasi dari penerapan moderasi beragama pada peningkatan toleransi beragama, peningkatan pemahaman dan pengamalan agama, kualitas hidup serta daya saing bangsa.
Kata Kunci: kosmopolitan, moderasi beragama, muslim minoritas, kerukunan

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: kosmopolitan, moderasi beragama, muslim minoritas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Abu Bakar
Date Deposited: 29 Dec 2023 10:12

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item