Docking senyawa kandungan daun sirsak (Annona Muricata) pada reseptor Sirtuin-1 (4I5I)

Dewi, Tanaya Jati Dharma (2023) Docking senyawa kandungan daun sirsak (Annona Muricata) pada reseptor Sirtuin-1 (4I5I). Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Kabupaten Kediri. (Unpublished)

[img] Text
17699.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kanker merupakan penyakit seluler yang bersifat laten dan diawali dengan proses karsinogenesis. Proses terjadinya kanker dapat berlangsung sampai puluhan tahun. Karsinogenesis adalah proses terjadinya kanker dari sel normal yang terbagi dalam beberapa tahap yaitu inisiasi, promosi, konversi, dan progresi. Tiga tahap pertama terjadi dari sel normal yang berubah menjadi sel kanker, dan tahap terakhir terjadi setelah sel kanker terbentuk (Sarkar,dkk,2013). Pengetahuan berbasis molekuler untuk karsinogenesis telah terbukti dan telah ditemukan agen kemopreventif yang baru, lebih selektif dengan toksisitas yang rendah. Saat ini penelitian sedang difokuskan untuk identifikasi senyawa alam yang mampu menghambat karsinogenesis (Phosritong N,dkk,2010). Daun sirsak mengandung senyawa golongan acetogenin, minyak esensial, reticuline, loreximine, coclaurine, annomurine, dan higenamine. Golongan senyawa acetogenin adalah komponen fitokimia dalam daun sirsak yang memiliki potensi sebagai antikanker (Yuan,dkk,2003) dan daun sirsak mengandung hingga 17 senyawa acetogenin yang berperan sebagai sitotoksik(Kim G,1998). Bullatacin yang juga termasuk golongan acetogenin terbukti dapat menginduksi apoptosis (kematian sel terprogram) pada hepatoma(Chih H,2001).

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: daun sirsak; sirtuin; docking
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1115 Pharmacology and Pharmaceutical Sciences > 111504 Pharmaceutical Sciences
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Pharmacy
Depositing User: Tanaya Jati Dharma Dewi
Date Deposited: 29 Dec 2023 10:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item