Pencegahan kekerasan seksual berbasis masjid: Studi tentang inisiasi Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Malang dalam mewujudkan masjid ramah perempuan dan anak

Mufidah, Cholil and Rouf, Abd. (2023) Pencegahan kekerasan seksual berbasis masjid: Studi tentang inisiasi Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Malang dalam mewujudkan masjid ramah perempuan dan anak. Research Report. LP2M Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img] Text
17701.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kasus kekerasan seksual belakangan sering terjadi di sektor publik seperti tempat kerja, layanan publik, lembaga pendidikan, bahkan terpat peribadatan seperti masjid. Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebagai lembaga berwenang ingin mewujudkan masjid ramah perempuan dan anak untuk mengatasi kasus tersebut. Harapan ini dilakukan oleh pimpinan Dewan Masjid Indonesia di tingkat pusat sampi daerah seperti PD DMI Kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model pencegahan kekerasan seksual yang akan dilakukan oleh Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Malang dalam mewujudkan masjid ramah perempuan dan anak. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif fenomenologis. Sumber data primer meliputi PD DMI Kabupaten Malang, Dewan Pakar PD DMI Kabupaten Malang, Takmir Masjid Besar dan Masjid Agung, serta Departemen Pemberdayaan Potensi Muslimah, Anak dan Keluarga (PPMAK) pada PD DMI Kabupaten Malang. Sedangkan data skunder berupa buku literatur, jurnal, undang-undang, dan peraturan terkait yang diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat beberapa model pencegahan kekerasan seksual yang akan dilakukan oleh PD DMI Kabupaten Malang yaitu 1) perbaikan infrastruktur, 2) integrasi tema dalam khutbah Jum'at, 3) pendidikan melalui pengajian, 4) pendirian family corner, 5) pembentukan regulasi, serta 6) kolaborasi dengan lembaga-lembaga terkait.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Kekerasan Seksual; Masjid Ramah Perempuan dan Anak; PD DMI Kabupaten Malang
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Abd. Rouf
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item