Desain pengelolaan pembiayaan SMK Pusat Keunggulan melalui Skema Matching Fund

Puspitasari, Fantika Febry ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9534-4700 (2023) Desain pengelolaan pembiayaan SMK Pusat Keunggulan melalui Skema Matching Fund. Research Report. LP2M Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img] Text
17706.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SMK PK bertujuan meningkatkan tingkat penyerapan lulusan atau menjadi wirausaha melalui keselarasan yang mendalam antara Pendidikan vokasi dengan dunia kerja. Tahun 2022, pendanaan SMK PK memiliki skema baru yang disebut dengan skema matching fund (pemadanan dana) dukungan industry. Pada skema matching fund ini, sekolah akan memperoleh bantuan pendanaan dari kemendikbud sebesar 1:1 dari pendanaan yang diperoleh dari industri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembiayaan SMK PK berbasis matching fund dalam mencapai target program SMK PK. Hasil penelitian diharapkan mampu menjadi bahan kajian dan acuan dasar dalam pelaksanaan pembiayaan melalui skema matching fund guna pengembangan SMK PK sesuai sektornya masing-masing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Penggunaan pendekatan dan jenis penelitian ini disesuaikan dengan fokus utama penelitian yaitu untuk memperoleh data menyeluruh dan mendalam tentang pengelolaan pembiayaan SMK Pusat Keunggulan melalui skema matching fund di SMK Muhammadiyah 2 Malang dan SMK Muhammadiyah 1 Malang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui model analisis data John W. Creswell. Tahap analisis data meliputi: 1) pengumpulan data (data collection), 2) Membaca data (data reading), 3) Mendeskripsikan data (data display), dan 4) Representasi dan visualisasi data. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknis dan triangulasi sumber.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan SMK PK dimanfaatkan untuk peningkatan fasilitas pembelajaran, sinkronisasi kurikulum, praktisi mengajar/ guru tamu, pelatihan guru produktif, sertifikasi kompetensu, dan pengembangan teaching factory. Capaian target meliputi peningkatan fasilitas pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya keterampilan siswa dalam instalasi SMK Muhammadiyah 1 Malang dan keterampilan DKV di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Pembiayaan dari pemerintah dalam bentuk in cash dan in kind sedangkan dari industry rekanan berbentuk in kind. Terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan program SMK PK meliputi kebijakan pimpinan, potensi jaringan dan komitmen dudika.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: SMK PK; Matching Fund
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Fantika Febry Puspitasari
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item