Fresy, Nugroho (2014) Identifikasi cognitif skill game (CSG) menggunakan Fuzzy K-Means (FKM) pada game Android “Benthik Fiqh”. Research Report. Mandiri. (Unpublished)
|
Text (full text)
1771.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Teknologi game mulai di arahkan untuk mengubah cara belajar dan sebagai sarana berlatih siswa pada semua tingkatan. Namun, Clark[1] mencermati bahwa evaluasi belajar yang diperoleh sering tidak reliabel dan tidak valid karena unsur pedagogik dalam pembelajaran menggunakan game sering berdasarkan pada pencarian yang tidak terarah, misalkan minimnya panduan dalam belajar terutama pada siswa pemula dan hanya tepat untuk siswa dengan kemampuan tinggi[2,3]. Hal ini didukung oleh temuan Inal dan Cagiltay[4], yang menyatakan bahwa keseimbangan dalam cognitive skill pemain memegang peranan penting agar proses belajar siswa mencapai tujuan akhir pembelajaran. Sehingga saat siswa belajar menggunakan game, perlu dijaga kontinyuitas motivasinya[5]. Untuk menjaga kontinyuitas motivasi siswa diperlukan klasifikasi cognitive skill pemain yang tepat. Hasil klasifikasi cognitive skill yang tepat dapat digunakan sebagai variabel kontrol tingkat kesulitan dalam game edukasi. Selanjutnya nilai variabel kontrol yang diperoleh, ditanamkan dalam skenario game.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080305 Multimedia Programming |
Divisions: | Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | Fresy Nugroho |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 19:48 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |