Permainan bergenre petualangan (adventure game) berbasis Android dengan konten pembelajaran huruf hijaiyah/bahasa Arab

Nugroho, Fresy and Kurniawan, Fachrul (2012) Permainan bergenre petualangan (adventure game) berbasis Android dengan konten pembelajaran huruf hijaiyah/bahasa Arab. Presented at Seminar Ilmu Pengetahuan Teknik 2012 Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi – LIPI, 28-29 November 2012, Bandung.

[img]
Preview
Text (full text paper)
1772-3_1.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (full text proceeding)
1772-3.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img]
Preview
Text (slide presentation)
1772-2.pdf - Presentation

Download (412kB) | Preview

Abstract

Akhir-akhir ini ditengarai terjadi suatu fenomena demotivasi dalam pembelajaran Bahasa Arab pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, terutama pendidikan dasar dan menengah di bawah pengelolaan Kementerian Agama, misalnya Madrasah Ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Identifikasi persoalan internal yang mendorong demotivasi dalam pembelajaran bahasa Arab antara lain pengabaian penggunaan media pembelajaran elektronik Untuk itu, kebutuhan akan sistem pembelajaran bahasa Arab yang menyenangkan, dapat belajar dimanapun dan tidak membosankan adalah mutlak diperlukan untuk menjamin peningkatan motivasi dan penyerapan pelajaran bahasa Arab secara bersamaan.

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah permainan bergenre petualangan berbasis android dengan konten pembelajaran bahasa Arab. Permainan bergenre petualangan (Adventure Game) berbasis android ini menggunakan metode pembangkit level permainan yang optimal yaitu heuristik, dimana level permainan selanjutnya pada permainan bergenre petualangan dapat berubah akibat jawaban yang diberikan siswa setelah bermain. Hal ini supaya permainan bergenre petualangan berbasis Android dengan konten huruf hijaiyah/bahasa Arab mampu merespon dengan tepat dan menghasilkan tingkat penguasaaan huruf hijaiyah/bahasa Arab yang sesuai dengan kemampuan siswa yang sedang belajar secara mobile serta tidak membosankan.

Permainan bergenre petualangan berbasis Android dengan konten pembelajaran huruf hijaiyah/bahasa Arab yang dirancang pada penelitian ini diuji dengan menggunakan responden siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas 1 hingga kelas 6.

Item Type: Seminar and Workshop
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080305 Multimedia Programming
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Fresy Nugroho
Date Deposited: 08 Apr 2017 09:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item