Covid-19 dan arsitektur yang tangguh (Sebuah kajian penerapan pendekatan resilience architecture pada bangunan tempat tinggal)

Mutiara, Elok (2023) Covid-19 dan arsitektur yang tangguh (Sebuah kajian penerapan pendekatan resilience architecture pada bangunan tempat tinggal). Research Report. LP2M Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17720.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)

Abstract

Pada tahun 2019 akhir, virus covid 19 muncul di Wuhan, China dan menyebar dengan cepat ke seluruh negara. Virus ini memasuki indonesia pada tgl 2 Maret 2020, pada saat masuk belum berbahaya karena masyarakat menganggap virus ini seperti virus biasa hingga menjadi wabah yang mendunia. Adanya wabah covid-19 menyebabkan kerugian yang sangat besar baik dari segi pendapatan, pembelajaran, hingga kehidupan sosial, dan budaya. Contoh dampak dari virus covid 19 terhadap pendapatan banyak sekali orang yang di PHK atau di keluarkan karena tidak sanggup untuk membayar gaji mereka, dan pekerja kantoran bekerja dari rumah. Contoh dampak covid 19 covid 19 di pembelajaran berupa pembelajaran terjadi di rumah masing-masing atau yang dikenal PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau daring. Berbagai perubahan pola hidup masyarakat selama masa pandemik membutuhkan ketangguhan bagi masyarakat dalam menghadapi terjadinya bencana wabah penyakit seperti adanya covid-19. Beberapa solusi dalam mengantisipasi persebaran wabah dalam bidang arsitektur adalah dengan memberikan berbagai alternative disain arsitektur dengan menggunakan pendekatan resilience architecture dengan harapan disain arsitektur menjadi tangguh dalam menghadapi tantangan bencana wabah penyakit. sebagai contoh penerapan pendekatan resilience Architecture pada disain hunian vertikal berupa asrama dan rusun.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Covid-19; Resilience Architecture; disain Hunian Vertikal
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120111 Architecture of Residential and Related Buildings
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120111 Architecture of Residential and Related Buildings > 12011199 Architecture of Residential and Related Buildings not elsewhere classified
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1299 Other Built Environment and Design
Divisions: Faculty of Technology > Department of Architecture
Depositing User: Elok elok mutiara
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:48

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item