Apakah sensitivitas etis mampu memoderasi hubungan antara kecintaan terhadap uang dan machiavellianisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi?

Tsaniah, Firza Sri Churniyatuts and Wuryaningsih, Wuryaningsih (2023) Apakah sensitivitas etis mampu memoderasi hubungan antara kecintaan terhadap uang dan machiavellianisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi? Research Report. LP2M Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Submitted)

[img] Text
17729.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Peran akuntansi yang penting dalam dunia bisnis, membuat setiap pelaku dalam bisnis tersebut membutuhkan pengetahuan mengenai situasi keuangan yang digunakan sebagai bahan informasi. Untuk membangkitkan kepercayaan pada mereka yang memanfaatkan informasi keuangan, profesi akuntansi tidak hanya harus mampu memberikan informasi keuangan yang akurat tetapi juga menjunjung tinggi standar etika. Namun pada kenyataannya masih banyak kasus pelanggaran etika yang dilakukan oleh seorang akuntan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari love of money dan machiavellianisme terhadap persepsi etika mahasiswa akuntansi sebagai calon akuntan di masa depan terkait dengan tindakan etis akuntan, serta untuk mengetahui pegaruh sensitivitas etika dalam memprkuat atau memperlemah pengaruh love of money dan machiavellianisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dari menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Islam Negeri Malang. Dengan penggunaan populasi berupa seluruh mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Islam Negeri Malang. Penentuan sample dengan metode purposive sampling dan diperoleh 150 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan Structural Equiation Modelling dengan Partial Least Square (SEM-PLS).

Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pengaruh love of money tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi, serta sensitivitas etika tidak mampu memoderasi pengaruh love of money terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Namun, variabel machiavellianisme berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dan sensitivitas etika mampu memoderasi pengaruh machiavellianisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Love of Money; Machiavellianisme; Sensitivitas Etis; persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: wuryaningsih wuryaningsih
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item