Fitoremediasi dan elisitasi logam berat timbal (Pb) pada tumbuhan Hydrilla Verticillata sebagai solusi pengolahan dan pemanfaatan limbah Laboratorium Kimia (sertifikat hak cipta)

A. Ghanaim Fasya, Dewi Sinta Megawati, Anik Ma'unatin (2023) Fitoremediasi dan elisitasi logam berat timbal (Pb) pada tumbuhan Hydrilla Verticillata sebagai solusi pengolahan dan pemanfaatan limbah Laboratorium Kimia (sertifikat hak cipta). 000565618.

[img] Text
17731.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Limbah logam berat dari laboratorium kimia, termasuk timbal (Pb), dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan fitoremediasi, yaitu metode yang memanfaatkan tumbuhan untuk mereduksi atau menghilangkan logam berat dari lingkungan. Hydrilla verticillata adalah salah satu jenis tumbuhan air yang dikenal mampu menyerap logam berat dan memiliki potensi dalam fitoremediasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan tumbuhan Hydrilla verticillata dalam meremediasi limbah logam Pb laboratorium kimia serta mempelajari pengaruh elisitasi logam Pb terhadap aktivitas antioksidan, aktivitas antibakteri, dan kandungan metabolit sekunder pada tumbuhan tersebut

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Fitoremediasi; Elisitasi; Pb; Hydrilla verticillata
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0305 Organic Chemistry
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: A. Ghanaim Fasya
Date Deposited: 29 Dec 2023 09:12

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item