Potensi ekstrak biji kebiul (Caesalpinia banduc (l). Roxb) sebagai kandidat suplemen pada penyakit alzheimer

Syarifuddin, Sadli (2023) Potensi ekstrak biji kebiul (Caesalpinia banduc (l). Roxb) sebagai kandidat suplemen pada penyakit alzheimer. Research Report. LP2M Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
17762.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Biji kebiul (Caesalpinia banduc (l). Roxb) adalah salah satu tanaman yang telah dikenal sebagai tanaman obat. Tanaman ini memiliki aktivitas antimalaria, antijamur, antioksidan, antikanker, antipiretik, antivirus, antifertilitas, antidiabetes, antibakteri, dan antimalaria. Tujuan Penelitian untuk mengetahui aktivitas antioksidan dari kernel biji kebiul dengan metode DPPH (2,2-Difenil-1-Pikrilhidrazil). Metode yang digunakan untuk ekstraksi dengan metode Ultrasonic Assisted Extraction (UAE), identifikasi senyawa dengan uji fitokimia, dan uji aktivitas antioksidan dengan DPPH. Nilai IC50 ditentukan dengan menghitung analisis regresi % inhibisi terhadap ekstrak kernel biji kebiul. Hasil uji fitokimia senyawa yang terkandung dalam ektrak kernel biji kebiul adalah Alkaloid, Flavanoid, Tanin, Saponin, Steroid, dan Terpenoid. Ekstrak kernel biji kebiul memiliki nilai aktivitas antioksidan sangat lemah dengan nilai IC50 sebesar sebesar 499.946 ppm (> 200 ppm).

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Kebiul; Antioksidan; DPPH; Caesalpinia Banduc; Kernel
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry > 030105 Instrumental Methods (excl. Immunological and Bioassay Methods)
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Pharmacy
Depositing User: Sadli Syarifuddin
Date Deposited: 29 Dec 2023 14:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item