Analisis perbandingan bahan penyalut terhadap viabilitas enkapsulan campuran khamir saccharomyces cerevisiae dan candida tropicalis sebagai agen pengembang roti (sertifikat hak cipta)

Ulfah Utami, Nur Kusmiyati, Liliek Harianie (2023) Analisis perbandingan bahan penyalut terhadap viabilitas enkapsulan campuran khamir saccharomyces cerevisiae dan candida tropicalis sebagai agen pengembang roti (sertifikat hak cipta). 000547246.

[img] Text
17768.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Khamir merupakan salah satu golongan mikroorganisme yang banyak dimanfaatkan salah satunya sebagai pengembang roti. Campuran spesies Saccharomycess cerevisiae dan Candida tropicalis mampu menghasilkan roti dengan kualitas baik. Penggunaan pengembang roti yang efisien dapat digunakan dalam bentuk serbuk kering melalui prosedur enkapsulasi. Perbandingan jumlah bahan penyalut maltodekstrin dan protein whey 1:1 menghasilkan kadar air terendah 6,99%. Uji organoleptik roti dengan khamir yang ditambahkan bahan penyalut lebih disukai berdasarkan parameter warna, aroma, tekstur dan rasa. Warna roti dengan khamir yang diberikan bahan penyalut lebih disukai. Roti yang diolah menggunakan khamir dengan bahan penyalut menunjukkan lebih disukai dibanding tanpa bahan penyalut.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Enkapsulasi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060505 Mycology
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Ulfah Utami
Date Deposited: 29 Dec 2023 14:28

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item