Analisis kepemimpinan kiai dan budaya pesantren terhadap loyalitas santri di Era Digitalisasi Informasi: Studi pada Pesantren di Jawa Timur

Nur, Muhammad Amin and Antariksa, Walid Fajar (2023) Analisis kepemimpinan kiai dan budaya pesantren terhadap loyalitas santri di Era Digitalisasi Informasi: Studi pada Pesantren di Jawa Timur. Research Report. LP2M Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (In Press)

[img] Text
17775.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kepemimpinan kiai dan budaya pesantren di era revolusi industri 4.0 dan menganalisis pengaruhnya terhadap loyalitas santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran (mix method) yakni pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kyai dan budaya pesantren di era digital. Sedangkan penddekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis hubungan antara kepemimpinan kyai dan budaya pesantren di era digital terhadap loyalitas santri. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kyai di pesantren memiliki sikap kepemimpinan yang khas yang dinilai dapat meningkatkan loyalitas santri. Budaya Pesantren juga dinilai memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas santri. Perkembangan teknologi informasi memiliki peran penting dalam memperkuat pengaruh kepemimpinan kyai dan budaya pesantren terhadap loyalitas santri. Bentuk loyalitas santri antara lain: Santri merasa bahwa kyai merupakan orang tua sendiri, santri mengenalkan pondok pesantrennya ke Masyarakat dan santri masih tetap berkontribusi kepada pesantren setelah mereka lulus. Penemuan ini memberikan pandangan optimis terkait upaya pesantren dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas santri. Peningkatan loyalitas ini tidak hanya menciptakan hubungan yang lebih kokoh antara santri dan pesantren, tetapi juga dapat memiliki dampak positif pada kualitas pendidikan, perkembangan karakter, dan kontribusi positif santri terhadap masyarakat.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Kepemimpinan Kiai; Budaya Pesantren; Loyalitas Santri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Walid Fajar Antariksa
Date Deposited: 29 Dec 2023 14:56

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item