LAPORAN PENELITIAN MANDIRI TAHUN 2023 EFEK NEUROPROTEKTIF EKSTRAK ETHANOL DAUN KEPEL (Stelechocarpus burahol (Bl.) Hook F. & Th.) SECARA IN VITRO

Harjanti, Fitria Nungky ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0971-108X (2023) LAPORAN PENELITIAN MANDIRI TAHUN 2023 EFEK NEUROPROTEKTIF EKSTRAK ETHANOL DAUN KEPEL (Stelechocarpus burahol (Bl.) Hook F. & Th.) SECARA IN VITRO. Research Report. LP2M, Malang. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian Mandiri_Fitria Nungky Harjanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)

Abstract

ABSTRAK

Penyakit neurodegenerative merupakan salah satu penyakit yang meyerang ribuan warga dunia, pada umunya diasosiasikan dengan penderita lanjut usia, seperti dementia, Alzhaimer, Parkinson, maupun Hutington. Berkurangnya jumlah neuron di system syaraf pusat atau syaraf tepi diduga penyebab penyakit degenerative ini. Banyak bahan alami telah diteliti dan disinyalir memiliki efek neuroprotektif. Salah satu kandungan metabolit yang terkait dengan neuroproteksi adalah flavonoid. Pada penelitian ini kami menggunakan ekstrak ethanol daun Kepel (Stelechocarpus burahol (Bl.) Hook F. & Th.) yang diketahui mengandung flavonoid untuk mengetahui efek neuroprotektif secara in vitro. Pada penelitian ini kami menggunakan kultur sel primer neuron dengan 4 kelompok perlakuan berbeda yaitu control, P 1( 50 µL ekstrak daun Kepel), P2 (75 µL ekstrak daun Kepel), dan P3 (100 µL ekstrak daun Kepel). Setelah di inkubasi selama 48 jam, kultur sel diamati konfluinitasnya. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil pemberian ekstrak ethanol daun kepel memberikan efek positif, ditunjukkan dengan jumlah konfluinitas yang lebih besar pada kelompok perlakuan daripada kelompok control.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Ekstrak ethanol daun Kepel, (Stelechocarpus burahol (Bl.) Hook F. & Th.), in vitro
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060802 Animal Cell and Molecular Biology
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Fitria Nungky Harjanti
Date Deposited: 31 Dec 2023 07:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item