KARAKTER FARMAKOKINETIK CEPHALOTAXINONE: STUDI IN SILICO POTENSI FITOESTROGEN TELANG (Clitoria ternatea)

Fitriyah, Fitriyah KARAKTER FARMAKOKINETIK CEPHALOTAXINONE: STUDI IN SILICO POTENSI FITOESTROGEN TELANG (Clitoria ternatea). Research Report. -, Malang. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN - FITRIYAH - 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Estrogen adalah hormon yang berperan dalam perkembangan sexual dan reproduksi, terutama pada wanita. Estrogen tidak hanya penting untuk reproduksi, tetapi juga dalam sistem lain seperti sistem neuroendokrin, rangka dan sistem imun pada pria dan wanita. Ketidakhadiran estrogen selama fase menopause merupakan faktor penunjuk timbulnya penyakit kardiovaskular, yang ditandai dengan variasi profil lipid dan akumulasi lemak perut yang dominan. Fitoestrogen merupakan senyawa polifenol dan non-steroid yang memiliki struktur dan aktivitas biologi yang mirip dengan estrogen pada manusia. Sebagian besar fitoestrogen ditemukan dalam flavonoid, isoflavon dan juga alkaloid yang selama ini diabaikan dalam hal kajian potensi fitoestrogen. Telang (Clitoria ternatea) merupakan jenis tanaman liar merambat berasal dari famili Fabaceae yang mengandung sejumlah bahan aktif diantaranya adalah alkaloid. Cephalotaxinone merupakan salah satu senyawa alkaloid yang terkadung dalam tanaman Telang.
Penelitian ni bertujuan untuk mengetahui potensi fitoestrogen cephalotaxinone melalui karakterisasi sifat-sifat farmakokinetik dengan meggunakan metode insilico. Cephalotaxinone ditambatkan secara molekuler dengan estrogen alpha sebagai reseptor dan dibandingkan potensinya dengan estradiol sebagai kontrol
Hasil penelitian menunjukkan bahwa cephalotaxinone memiliki kemiripan karakter farmakokinetik, kemiripan struktur dan aktifitas seperti estradiol.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Farmakokinetik, Cephalotaxinone, Clitoria ternatea
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Fitriyah Fitriyah
Date Deposited: 31 Dec 2023 08:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item