Metode Penelitian Survei-Kuesioner untuk Kesesakan dan Privasi pada Hunian Asrama

Fikriarini, Aulia (2023) Metode Penelitian Survei-Kuesioner untuk Kesesakan dan Privasi pada Hunian Asrama. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 12 (3). pp. 154-163. ISSN 2622-0954

[img]
Preview
Text
Paper+5-+September+2023.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan dalam upaya mencari sebuah jawaban atas pertanyaan dari keraguan atas sesuatu ataupun dari hasrat keingintahuan seseorang tentang hal tertentu. Jawaban dari pertanyaan penelitian akan diperoleh dengan baik jika peneliti melakukan tahapan serta pendekatan tertentu dalam melakukan penelitiannya, sesuai dengan jenis penelitiannya serta teori yang ingin dibangun dari penelitian tersebut. Metode penelitian seringkali digunakan para peneliti untuk memperkuat tahapan dalam setiap proses penelitian sehingga peneliti diharapkan tidak keluar dari jalur penelitian yang dilakukannya. Makalah ini bertujuan untuk memberikan gambaran metode yang sesuai untuk penelitian yang berbasis pada perilaku terutama untuk penelitian kesesakan (crowding) dan privasi pada hunian asrama. Metode penelitian survei dengan menggunakan kuesioner diplih dengan tujuan untuk mengetahui situasi dan kondisi tertentu yang terjadi termasuk apa yang mempengaruhinya, sehingga kemudian data tersebut dapat memberikan gambaran fenomena yang terjadi. Penelitian semacam ini perlu untuk dilakukan karena saling memperkaya dan melengkapi data yang dibutuhkan antara yang bersifat fisik (bangunan) dan nonfisik (persepsi). Mengungkap perseptual manusia dalam merespon lingkungan sekitarnya, merupakan upaya mengoptimalkan hubungan diantara keduanya dalam rangka menghasilkan desain yang jauh lebih sempurna.

Item Type: Journal Article
Keywords: kesesakan (crowding), kuesioner, metode penelitian, perilaku, privasi, survei
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120104 Architectural Science and Technology (incl. Acoustics, Lighting, Structure and Ecologically Sustainable Design)
Divisions: Faculty of Technology > Department of Architecture
Depositing User: Aulia Fikriarini
Date Deposited: 31 Dec 2023 08:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item