PENDIDIKAN DAMAI KAUM BERSARUNG: UPAYA KYAI NU DALAM MENGELOLA KEBHINEKAAN LINTAS IMAN MELALUI PENDIDIKAN ALTERNATIF DI RUMAH IBADAH KASEMBON MALANG

Erna Herawati, Erna ORCID: https://orcid.org/0009-0005-2761-8243, Sony Fauzi, Sony ORCID: https://orcid.org/0009-0005-2761-8243, Nurul Hikmah, Nurul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4140-9377 and Ratih Kusuma Ningtiyas, Ratih ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4140-9377 (2023) PENDIDIKAN DAMAI KAUM BERSARUNG: UPAYA KYAI NU DALAM MENGELOLA KEBHINEKAAN LINTAS IMAN MELALUI PENDIDIKAN ALTERNATIF DI RUMAH IBADAH KASEMBON MALANG. Didaktika, 11 (2). pp. 21-40. ISSN 2337-7305

[img] Text
PENDIDIKAN DAMAI KAUM BERSARUN1 FIX FIX.pdf

Download (308kB)

Abstract

Abstrak:
Artikel ini menganalisis peran kunci yang dimainkan oleh Nahdlatul Ulama (NU), sebuah
organisasi Islam di Indonesia, dalam merangkul keberagaman agama dan budaya melalui
pendidikan alternatif. Fokus kajian ini adalah pada upaya para kyai NU di Rumah Ibadah
Kasembon, Malang, dalam membangun kerukunan antarumat beragama dan menciptakan
lingkungan damai melalui pendidikan. Dengan mengadopsi pendekatan khusus, pendidikan
damai ini tidak hanya memusatkan perhatian pada pembelajaran akademik, tetapi juga pada
pembentukan karakter yang berakar pada nilai-nilai kemanusiaan, toleransi, dan penghargaan
terhadap perbedaan agama. Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif-analitis untuk
menggali strategi pendidikan damai yang diterapkan oleh kyai NU. Melalui wawancara,
observasi, dan analisis dokumen, penelitian ini mengidentifikasi langkah-langkah konkret yang
diambil oleh kyai untuk membentuk wawasan inklusif dan pemahaman yang lebih mendalam
tentang nilai-nilai agama dan universalitas manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pendidikan alternatif yang dijalankan oleh kyai NU telah berhasil menciptakan ruang dialog
antarumat beragama, mempromosikan pengertian, dan membangun kerjasama lintas iman.

Item Type: Journal Article
Additional Information: 081357552217
Keywords: Kyai NU, Pendidikan Damai, Rumah Ibadah, Kebhinekaan Lintas Iman.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Nurul Hikmah H
Date Deposited: 31 Dec 2023 07:48

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item