Standardisasi bahan baku ekstrak Acalypha Indica Linn menggunakan metabolomik berbasis spektroskopi FTIR, kromatografi lapis tipis serta evaluasi aktivitas biologisnya

Hayati, Elok Kamilah and Rozi, Fachrur ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6380-0297 (2023) Standardisasi bahan baku ekstrak Acalypha Indica Linn menggunakan metabolomik berbasis spektroskopi FTIR, kromatografi lapis tipis serta evaluasi aktivitas biologisnya. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img] Text
17842.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tumbuhan anting-anting (Acalypha indica L.) dikenal sebagai tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat herbal dengan berbagai manfaat salah satunya sebagai antioksidan. Aktivitas antioksidan daun anting-anting sangat dipengaruhi oleh profil kimia yang terkandung didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan pengaruh perbedaan jenis pelarut terhadap profil metabolit kimia dan aktivitas antioksidan yang dihasilkan serta untuk mengetahui gugus fungsi senyawa yang berkorelasi positif dengan aktivitas antioksidan daun (Acalypha indica L.). Pendekatan kemometrik berbasis FTIR-ATR digunakan untuk mengidentifikasi gugus fungsi senyawa sebagai profil fingerprinting masing-masing ekstrak daun anting-anting. Korelasi fingerprinting FTIR-ATR dengan aktivitas antioksidan ekstrak daun anting-anting dipelajari dengan metode analisis multivariat PCA dan OPLS-DA. Hasilnya diperoleh model PCA untuk mengevaluasi pengaruh perbedaan pelarut terhadap profil fingerprinting FTIR-ATR. Korelasi antara profil fingerprinting FTIR dengan aktivitas antioksidan serta karakterisasi gugus fungsi yang berkontribusi kuat terhadap aktivitas antioksidan dapat dianalisis dengan model OPLS-DA yang dihasilkan pada penelitian ini. Potensi antioksidan daun anting-anting paling tinggi terdapat pada ekstrak pelarut etanol absolut, serta bilangan gelombang dengan dugaan gugus fungsi senyawa yang relevan dan berkontribusi kuat terhadap antioksidan diantaranya adalah 2768 (N-CH3 symmetric), 3021 (C-H aromatic stretching), 3548 (C=O stretching), 3590 (O-H stretching).

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Acalypha indica L.; ultrasonik; uji antioksidan; FTIR; PCA; OPLS-DA
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry > 030101 Analytical Spectrometry
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Chemistry
Depositing User: Elok Kamilah Hayati
Date Deposited: 02 Jan 2024 14:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item