Pengaruh dukungan teman sebaya dan dukungan guru terhadap konsep diri di MTs Nur Ilahi

Permadi, Wahyu and Nuqul, Fathul Lubabin ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3789-9940 (2022) Pengaruh dukungan teman sebaya dan dukungan guru terhadap konsep diri di MTs Nur Ilahi. Jurnal Darussalam : Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 15 (1). pp. 74-91. ISSN 1978-4767

[img]
Preview
Text
17862.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (951kB) | Preview

Abstract

Dilihat pada era zaman seperti sekarang ini tidak terlepas dari berbagai peran remaja. Remaja adalah generasi bangsa yang akan mengalami perkembangan dari masanya menuju masa dewasa hingga lansia Fenomena yang terjadi pada siswa di Mts Nur Ilahi Siswa yang memiliki konsep diri negatif yang menjadi penghambat siswa tersebut tidak bergairah untuk belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan maupun pengaruh antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Dukungan Guru terhadap Konsep Diri di Mts Nur Ilahi Malang. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nur Illahi yang berjumlah 128 orang Berdasarkan Kategorisasi dan tingkat dukungan sosial teman sebaya diketahui bahwa terdapat 33 orang atau siswa yang memiliki tingkat pergaulan teman sebaya yang rendah, 66 orang yang sedang serta 27 orang lainnya memiliki kecenderungan yang tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa MTs Nur Illahi Malang cenderung memiliki pergaulan teman sebaya yang sedang. hasil uji regresi linear berganda diketahui bahwa nilai F hitung = 107,461 dengan tingkat nilai signnifikansi sebesar 0.000 < 0.01, maka dapat diambil pemahaman bahwaterdapat pengaruh antara dukungan teman sebaya dan dukungan guru secara simultan terhadap konsep diri. Kesimpulan pada penelitian ini diketahui dukungan teman sebaya dan dukungan guru kedua berpengaruh positif terhadap konsep diri.

Item Type: Journal Article
Keywords: peer support; teacher support; self-concept
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr Fathul Lubabin Nuqul
Date Deposited: 03 Jan 2024 13:31

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item