Pengaruh pemberian edukasi terhadap pengetahuan dan sikap pasien hipertensi di Puskesmas Sutojayan Kabupaten Blitar

Walidah, Ziyana ORCID: https://orcid.org/0009-0009-5640-530X (2017) Pengaruh pemberian edukasi terhadap pengetahuan dan sikap pasien hipertensi di Puskesmas Sutojayan Kabupaten Blitar. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
17958.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit dengan prevalensi tinggi. Salah satu masalah yang paling sering ditemui dalam pengobatan hipertensi adalah ketidakpatuhan pasien dalam menjalani pengobatan farmakologi dan non farmakologi. Ketidakpatuhan pasien hipertensi dapat terjadi akibat kurangnya pengetahuan dan pemahamannya mengenai tata cara pengobatan. Apabila tidak ditangani secara tepat, penyakit hipertensi jangka panjang dapat berisiko menyebabkan komplikasi dan kematian.

Tujuan pemberian edukasi pada pasien hipertensi di Puskesmas Sutojayan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pasien hipertensi dalam menjalani pengobataanya sehingga tujuan dari terapi hipertensi dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pra-eksperimen one group pre test post test design, pengambilan sampel menggunakan metode consecutive sampling selama satu bulan sehingga didapatkan responden sebanyak 56 orang. Hasil uji wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan nilai sebelum dan setelah diberikan edukasi dengan nilai signifikansi (p value < 0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemberian edukasi berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap pasien hipertensi di Puskesmas Sutojayan Kabupaten Blitar.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Edukasi; Pengetahuan; Sikap; Hipertensi
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1199 Other Medical and Health Sciences > 119999 Medical and Health Sciences not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Pharmacy
Depositing User: Ziyana Walidah
Date Deposited: 17 Jan 2024 12:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item