Peran intervensi pustakawan dalam meningkatkan literasi informasi: Studi kualitatif dalam lingkungan akademik di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Ridwan, Madinatul Munawwarah, Prasetyawati, Risty and Rifqi, Ach. Nizam ORCID: https://orcid.org/0009-0005-8134-4044 (2023) Peran intervensi pustakawan dalam meningkatkan literasi informasi: Studi kualitatif dalam lingkungan akademik di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. LIBTECH: Library and Information Science Journal, 4 (2). pp. 30-37. ISSN 2723-7605

[img]
Preview
Text
17999.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Peningkatan literasi informasi menjadi sebuah keharusan di era digital ini, di mana akses terhadap berbagai sumber informasi semakin mudah namun juga kompleks. Di lingkungan akademik, mahasiswa dihadapkan pada tuntutan untuk memiliki keterampilan literasi informasi yang baik agar dapat mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan informasi dengan cerdas. Dalam konteks ini, peran pustakawan tidak hanya sebatas sebagai penyedia sumber informasi, tetapi juga sebagai fasilitator utama dalam mengembangkan literasi informasi mahasiswa. adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Sejauh mana intervensi pustakawan dapat meningkatkan literasi informasi mahasiswa di lingkungan akademik Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta?. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis upaya meningkatkan literasi informasi di lingkungan akademik Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini melibatkan intervensi pustakawan dengan fokus pada pengembangan keterampilan literasi informasi mahasiswa. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menggali pengalaman, persepsi, dan dampak intervensi pustakawan terhadap mahasiswa. Hasil penelitian ini memberikan gambaran mendalam tentang kondisi literasi informasi mahasiswa, dan strategi intervensi yang diterapkan oleh pustakawan, dari pengembangan Sesi Pelatihan dengan layanan literasi informasi, kolaborasi dosen dengan melakukan pengajaran mata kuliah literasi dasar dan menjadi mata kuliah wajib, kemudian terakhir adalah memberikan umpan balik personal dengan mengadakan program klinik proposal yang memberikan nasehat atau solusi kepada pemustaka yang membutuhkan. Temuan penelitian ini dapat memberikan wawasan berharga bagi perguruan tinggi dan pustakawan dalam merancang dan mengimplementasikan program literasi informasi yang efektif, menciptakan lingkungan akademik yang mendukung pengembangan keterampilan literasi informasi mahasiswa, serta meningkatkan kualitas pendidikan di era informasi.

Item Type: Journal Article
Keywords: Literasi infomasi; intervensi perpustakaan; pustakawan
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies
Divisions: Faculty of Technology > Department of Library and Information Science
Depositing User: Ach. Nizam Rifqi
Date Deposited: 18 Jan 2024 08:43

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item