Konsep eco-village pada penataan 'Taman Keceh' di Kelurahan Samaan Kota Malang

Subaqin, Agus ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0161-4261 Konsep eco-village pada penataan 'Taman Keceh' di Kelurahan Samaan Kota Malang. Research Report. LP2M Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
18004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas lingkungan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Terjadinya penurunan kualitas lingkungan saat ini menjadi permasalahan dan perhatian dunia global.Konsep eco-village merupakan salah satu solusi yang dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan untuk diterapkan pada daerah perkotaan karena dapat memecahkan masalah ekologi dengan pengembangan kawasan pedesaan untuk mencapai pribadi, keluarga, masyarakat dan kualitas lingkungan alam yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan prinsip-prinsip Eco-Village dan menghasilkan desain penataan 'Taman Keceh' di Kelurahan Samaan Kota Malang. Metode penelitian yang diterapkan bersifat kualitatif dalam paradigma penelitian design-science. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan kondisi alamiah tanpa adanya manipulasi dan berdasarkan potensi yang ada di kawasan dan lokasi perencanaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip Eco-Village pada penataan 'Taman Keceh' di Kelurahan Samaan Kota Malang ini menerapkan prinsip-prinsip desain ekologi, yang meliputi; 1) Prinsip low energy design atau arsitektur hemat energi merupakan prinsip desain hemat energi atau arsitektur yang efisien energi adalah tipologi arsitektur yang mewujudkan desain yang sadar energi (desain hemat energi). 2) Prinsip Design with The Climate of the Locality merupakan prinsip yang diterapkan dalam perencanaan bangunan dan lingkungan dengan memperhatikan kondisi dan karakteristik ilim yang ada dilokasi perencanaan (climate of the locality). 3) Prinsip Bioclimatic Design adalah konsep yang digunakan dalam industri konstruksi untuk meningkatkan hubungan warga dengan lingkungan alam melalui pemanfaatan alam secara langsung atau tidak langsung, tergantung pada kondisi ruang dan lokasi.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Eco-Village; Penataan Taman; Kota Malang
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120101 Architectural Design > 12010102 Sustainable Architecture
Divisions: Faculty of Technology > Department of Architecture
Depositing User: agus subaq as subaqin
Date Deposited: 17 Jan 2024 12:58

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item