Firmansyah, Aldrin Yusuf ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6671-0564, Samudro, Harida ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2973-078X, Bahar, Moh. Arsyad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5914-3108 and Yulianto, Yulianto (2023) Kajian integrasi keislaman sebagai pedoman pembelajaran integratif teknologi bangunan pada program studi Teknik Arsitektur. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Submitted)
Text
18062.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mata Kuliah Teknologi Bangunan pada Program Studi Arsitektur UIN Malang adalah pendukung mata kuliah inti Studio Desain Islami DAI yang mana dituntut untuk selalu selaras dengan konteks studio. Isu penting sekarang ini adalah bagaimana pembelajaran yang dilaksanakan memiliki keseimbangan antara ilmu pengetahuan dengan apek religi. Nilai keislaman dinilai penting sebagai petunjuk untuk bisa hidup lebih baik, kontrol positif dan pelindung. Idenya adalah untuk membangun suatu lingkungan pembelajaran di mana semua orang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Kajian ini membahas cara kerja integrasi keislaman dalam mata kuliah Teknologi Bangunan pada Program Studi Arsitektur UIN Malang. Kajian ini menggunakan metode literatur review dengan pendekatan penelitian empiris pada prinsip-prinsip yang ada pada mata kuliah teknologi bangunan 1 sampai 4. Dari prinsip-prinsip tersebut kemudian diselaraskan dengan Education for Sustainability (ES) sebagai standar minimal kualitas edukasi yang mencakup Normative (ethic, equity, wisdom), Energi, Ekonomi, Kawasan dan Komunitas (mitigasi, sustainable form), Sustainable Governance. Metode integrasi keislaman menggunakan parameter Maqasid Syariah yang terdiri dari menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan, dan menjaga harta. Penilaian dilakukan dengan teknik mencari kesamaan artikel dengan Open access journal “Harzing Publish & Perish Platform” sehingga ditemukan bagaimana integrasi keislaman diterapkan dalam lingkungan pendidikan, khususnya pada mata kuliah teknologi bangunan. Didapati bahwa nilai keislaman yang bersifat universal dinilai dapat bersinergi dengan seluruh aspek prinsip teknologi bangunan tanpa merusak kemurnian keilmuan dasarnya. Perbedaan integrasinya tergantung kepada konsentrasi pada masing-masing teknologi bangunan. Dengan ini maka kerangka berfikir taknologi bangunan telah dinilai dapat seleras dengan inti studio desain arsitektur Islami pada Program Studi Arsitektur UIN Malang.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | building technology subject; Educational fo Sustainability (ES) theory; Islamic integration; maqasid syariah |
Subjects: | 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture |
Divisions: | Faculty of Technology > Department of Architecture |
Depositing User: | Mohammad Arsyad Bahar |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 14:16 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |