Implementasi Kurikulum Merdeka tema “Aku Sayang Bumi” pada anak usia dini di RA Al Jihad Malang

Anisah, Mupi, Rahmi, Rahmi, Fitria, Laila Nur and Rochmah, Ainur (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka tema “Aku Sayang Bumi” pada anak usia dini di RA Al Jihad Malang. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
18081.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran guru/ pendamping anak dalam mengimplementasikan dan pengaruh diterapkannya sistem kurikulum merdeka tema "Aku Sayang Bumi" pada karakter anak sejak usia dini di RA AL Jihad. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, FGD, dan observasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahapan, yakin pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun uji kreadibilitas yang peneliti lakukan yaitu melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Ditemukan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka dengan tema aku sayang bumi telah diterapkan di sekolah RA Al Jihad secara penuh sejak tahun lalu. Pelaksanaan kurikulum dirancang oleh guru secara bersama-sama dengan mengacu pada kalender akademik. Metode yang guru pilih dalam pembelajaran adalah metode pembiasaan dan pembinaan sebagai salah satu cara penanaman nilai-nilai karakter ini. contohnya melalui kegiatan proyek seperti mengolah kompos, menanam kangkung serta pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari seperti berdoa dipagi hari. Pengaruh yang dapat dirasakan pada anak adalah terwujudnya pembentukan karakter seperti karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, dan peduli sosial.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Kurikulum Merdeka; Aku Sayang Bumi; karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Ainur Rochmah
Date Deposited: 25 Jan 2024 09:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item