Ekuivalensi publikasi karya ilmiah solusi lulus tanpa skripsi: antara positif dan negatif (sertifikat hak cipta)

Ali Hamdan, Zaenul Mahmudi (2024) Ekuivalensi publikasi karya ilmiah solusi lulus tanpa skripsi: antara positif dan negatif (sertifikat hak cipta). 000578706.

[img]
Preview
Text
18087.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini beranjak dari sebuah fenomena akademik yaitu Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu perbincangan yang menarik dikalangan pendidik Tanah Air. Demikian juga dengan mahasiswa setara satu yang tidak lagi dibebani menyusun skripsi sebagai prasyarat untuk mendapatkan gelar akademik sarjana. Terdapat pengganti yang bisa dipilih oleh mahasiswa sebagai pengganti skripsi yaitu ujian komprehensif, ujian karya tulis, atau ujian skripsi. Di sisi lain telah ditemukan sekian banyak kebijakan yang muncul baik berupa surat edaran, surat keputusan, dan lainnya dalam mengatur adanya ekuivalensi karya ilmiah. tinjauan Yuridis hal ini dilegalkan dan sebagai solusi untuk mempercepat kelulusan dan lulus tepat waktu, Namun, ekuivalensi karya ilmiah dengan skripsi masih terjadi pro-kontra.
Mencermati problematika diatas, maka masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah, pertama: Bagaimana kebijakan Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam mengimplementasikan artikel jurnal sebagai pengganti skripsi?. Kedua: agaimana unsur positif dan negatif dalam implementasi artikel jurnal sebagai pengganti skripsi?. Ketiga: Bagaimana langkah yang ditempuh Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam mencegah adanya joki karya ilmiah mahasiswa?Dengan demikian, maka penelitian ini adalah penelitian kepustakaan ditambah dengan penelitian lapangan untuk dapat menganalisis data-data secara akurat.
Penelitian ini menggunakan metode gabungan yakni mixed methods research yaitu menghubungkan antara metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua sumber, yaitu penelitian pustaka yang berfungsi untuk meneliti kebijakan dalam mengimplementasikan karya ilmiah sebagai pengganti tugas akhir skripsi, dan penelitian lapangan yang berfungsi sebagai landasan pemecahan permasalahan positif negatif terhadap kebijakan tersebut dari sudut pandangan pemangku kebijakan, stakeholders, dan para mahasiswa.
Temuan penelitian ini adalah Surat Edaran Dekan menjadi jurnal sinta 4 sebagai salah satu opsi tugas akhir mahasiswa dan mencukupkan dengan adanya LoA dari pihak jurnal. Sedangkan dalam buku pedoman pendidikan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang opsi tugas akhir yang berbentuk jurnal harus minimal sinta 2 dan telah terbit. Masa Tanggap Darurat Covid 19 yang menjelaskan bahwa opsi tugas akhir mahasiswa dapat berupa jurnal yang terindeks di moraref. opsi artikel ilmiah sebagai pengganti tugas akhir skripsi masih sangat rawat terhadap praktik perjokian yang pada akhirnya mengarah pada adanya kecurangan dalam dunia akademis.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: ekuivalensi; karya ilmiah; skripsi; positif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department of Al-Quran and Tafseer studies
Depositing User: Ali Hamdan
Date Deposited: 31 Jan 2024 14:17

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item