Representasi ekonomi kelas menengah etnis Madura masa recovery ekonomi pasca pandemi Covid-19: Aplikasi Teori SRT dalam Psikologi Sosial Qur’ani

Zenrif, M. Fauzan and Nuqul, Fathul Lubabin (2023) Representasi ekonomi kelas menengah etnis Madura masa recovery ekonomi pasca pandemi Covid-19: Aplikasi Teori SRT dalam Psikologi Sosial Qur’ani. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
Laporan akhir penelitian_fix_Repository_UIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB) | Request a copy

Abstract

Laporan penelitian dengan judul “Representasi Ekonomi Kelas Menengah Etnis Madura Masa Recovery Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19: Aplikasi Teori SRT dalam Psikologi Sosial Qur’ani” ini merupakan sebuah kajian yang memadukan doktrin agama (al-Qur’an) dengan berbagai teori pengetahuan untuk melihat sebuah objek pada sebuah masa dengan pendekatan penelitian yang dilandaskan pada pencerahan al-Qur’an untuk dapat memahami dan memahami fakta kehidupan masyarakat Islam dengan dipandu teori Psikologi Sosial SRT.
Ekonomi kelas menengah etnis Madura sebagai sebuah objek kajian selalu menarik beberapa kalangan akademisi karena sebagai etnis yang memiliki etos kerja yang bisa dinilai melebihi etnis lainnya, telah melahirkan kalangan ekonomi kelas menengah Madura di beberapa daerah, yang tentu berpengaruh pada perkembangan perekonomian Indonesia. Apalagi, etnis Madura yang dikenal sebagai masyarakat religious dan dekat dengan sistem pendidikan pesantren tradisional, etnis ini dinilai memiliki ikatan persaudaraan kesantrian, sebagaimana terlihat dalam konsep etika sosial dalam kode etik tradisi Bhuppa’ Bhabbhu’ Guruh dan Ratoh. Dari tradisi kesantrian inilah pola interaksi dan budaya kerjasama yang khas, seperti yang tercermin dalam Rampak Naong Bringen Korong, etnis Madura membeangun dan merepresentasikan kedirian komunitasnya dalam bertarung melawan negative stereotype komunitas lainnya. Fakta sosial ini yang menarik perhatian sehingga perlu untuk diamati dan diteliti, terutama pada masa Pasca Pandemi COVID-19.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: al-QUr'an, Teori SRT, Psikolo Sosial
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: UIN Maulan Muchammad Zenrif
Date Deposited: 30 Jan 2024 12:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item