Happiness dalam perspektif psikologi positif dan Islam (Eksplorasi term kebahagiaan dalam Alquran Hadist dan pemikiran Islam)

Zainul, Arifin, Muhammad Mukhlis, Fahruddin, muhammad Anwar, Fuadi and muhammad cholid, zamzami Happiness dalam perspektif psikologi positif dan Islam (Eksplorasi term kebahagiaan dalam Alquran Hadist dan pemikiran Islam). Research Report. LP2M Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img] Text
18220.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebahagiaan telah menjadi fokus utama dalam penelitian psikologi positif, mencari pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesejahteraan subjektif individu. Di sisi lain, pemikiran Islam memberikan pandangan holistik tentang kebahagiaan, dengan Alquran dan Hadis sebagai sumber utama pengetahuan. Penelitian ini menggabungkan perspektif psikologi positif dan Islam untuk mengeksplorasi konsep kebahagiaan dari dua sudut pandang tersebut.

Pertama, penelitian ini menganalisis pandangan psikologi positif terkait kebahagiaan, termasuk faktor-faktor seperti optimisme, rasa syukur, keterhubungan sosial, dan pencapaian tujuan. Pendekatan ini melibatkan penelitian empiris dan teoritis untuk memahami kontribusi faktor-faktor psikologis terhadap kebahagiaan individu.

Kedua, penelitian ini menyelidiki konsep kebahagiaan dalam perspektif Islam, dengan fokus pada Alquran, Hadis, dan pemikiran ulama. Melalui analisis teks dan interpretasi, penelitian ini mengidentifikasi nilai-nilai, ajaran, dan praktik yang dianggap memperkaya kehidupan yang bahagia menurut ajaran Islam.

Selanjutnya, penelitian ini menyatukan kedua perspektif tersebut untuk menemukan titik-titik persamaan dan perbedaan antara konsep kebahagiaan dalam psikologi positif dan Islam. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kebahagiaan sebagai fenomena manusia yang kompleks dan multidimensional.

Dengan mengintegrasikan pandangan psikologi positif dan Islam, penelitian ini berpotensi memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan teori dan praktik yang mempromosikan kesejahteraan holistik individu dan masyarakat. Temuan penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan intervensi psikologis yang sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran Islam dalam mempromosikan kebahagiaan dan kesejahteraan umat manusia secara keseluruhan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: happiness; Psikologi Positif; psikologi Islam
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Muhammad Mukhlis Fahruddin
Date Deposited: 07 Feb 2024 11:16

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item