RELASI ISLAM DAN KRISTEN DALAM MEMBANGUN HARMONISASI KEBERAGAMAN MASYARAKAT SUWARU PAGELARAN MALANG

Abdul Rohman, Abdurrahman ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4420-3868 (2023) RELASI ISLAM DAN KRISTEN DALAM MEMBANGUN HARMONISASI KEBERAGAMAN MASYARAKAT SUWARU PAGELARAN MALANG. Research Report. LP2M Fakultas Humaniora, LP2M Fakultas Humaniora.

[img]
Preview
Text
Penelitian Mandiri new (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Abdul Rohman. 2023: Relasi Islam Dan Kristen Dalam Membangun Harmonisasi Keberagaman Masyarakat Suwaru Pagelaran Malang. Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Agama memiliki sumber ajaran utama seperti halnya kitab suci dan sabda utusan (sunan nabi) yang dapat dijadikan sebagai sebuah pedoman dalam mendekatkan diri kepada Tuhan, baik yang tertulis maupun tidak. Keanekaragaman budaya, ras, suku, bahasa, dan bahkan agama yang hidup di seluruh negara, lebih-lebih yang hidup di Indonesia sendiri merupakan suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri oleh siapapun. Dalam masyarakat tersebut baik itu pemerintah, tokoh agama, maupun masyarakat pada umumnya mempunyai latar belakang yang berbeda beda. Walaupun kondisi masyarakatnya seperti itu, mereka tetap mempunyai rasa toleransi yang tinggi ketika berinteraksi. Dalam penelitian ini, Teknik analisis data merupakan suatu langkah guna untuk memperoleh data secara lengkap dan lebih memahami permasalahan yang sedang diteliti. Analisis data ini bersifat induktif, yaitu penganalisaan data berdasarkan hasil yang diperoleh. Relasi Islam dan Kristen disebut hubungan sosial yang merupakan dari interaksi (rangkaian tingkah laku) yang sistematik antara dua orang atau lebih. Relasi sosial merupakan hubngan timbal balik antara individu yang satu dengan yang lain dan saling memengaruhi. Relasi sosial akan terbentuk dari sebuah interaksi sosial yang dilakukan dalam kehidupan keseharian. Dalam masyarakat Suwaru yang rukun dan damai dengan menumbuhkan sikap saling percaya dan yakin dalam menjalani kehidupan. Terutama dalam hal peribadatan, mereka saling toleransi untuk tidak mengeraskan suara dalam kegiatan dan hal apapun. Adapun bentuk relasi sosial yang dapat menjadikan rukun dan harmonis dalam kehidupan masyarakat Suwaru seperti Gotong Royong, Anjangsana Arisan, dan Perayaan Hari Raya.

Item Type: Research (Research Report)
Additional Information: edisi tahun 2023
Keywords: RELASI ISLAM KRISTEN, HARMONISASI, KEBERAGAMAN
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Abdul Abdul Rohman
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:34

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item