Pembaharuan metodologi studi Islam di Jurusan Orientalis Leipzig Jerman (sertifikat hak cipta)

Muhammad Aunul Hakim, Miftahul Huda, Mashudi, Eckehard Schulz (2023) Pembaharuan metodologi studi Islam di Jurusan Orientalis Leipzig Jerman (sertifikat hak cipta). 000467242.

[img] Text
18287.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Model kajian studi Islam ala orientalis saat ini berkembang pesat. Adapun medan yang mereka tempuh adalah melalui pertanyaan yang cukup mengagetkan yakni pemahaman umat Islam yang sudah sekian lama. Metodologi kajian ala orientalis ini ternyata diminati oleh kalangan akademisi. Arah baru dalam memahami hukum Islam, mulai dikembangkan. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu bagaimana pembaharuan metodologi studi Islam pada program studi (prodi) studi Islam dijurusan orientalis Leipzig Jerman?.

Tujuan penelitian ini yaitu mengeksplorasi pembaharuan metodologi studi Islam pada program studi (prodi) studi Islam dijurusan orientalis Leipzig Jerman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskripsti dengan jenis penelitian studi kasus.

Peneliti menggunakan metode deliberate sampling (pengambilan sampel yang disengaja) dalam pemilihan sumber data. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumenter. Langkah-langkah analisis data adalah sebagai berikut: a) penyajian data, b) klasifikasi dan tabulasi data, c) analisis dan interpretasi data. Metode pemeriksaan keabsahan data, yaitu: a) lamanya partisipasi, b) kedalaman pengamatan, c) triangulasi, dan d) pembahasan pendamping.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang ligkup pembahasan studi Islam yaitu pada aspek akidah, akhlak, pendidikan, dan studi al-Qur’an dan Hadits. Metodologi studi Islam yang digunakan diprodi studi Islam jurusan Orientalis Leipzig Jerman yaitu metode tekstual, kontekstual, deduktif, induktif.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Pembaharuan; Metodologi; Studi Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Miftahul Huda rohman
Date Deposited: 19 Feb 2024 09:56

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item