ANALISIS SOCIO-CULTURAL AND ENVIRONMENTAL PADA MASYARAKAT KAMPUNG TRIDI MALANG (STUDI KASUS PEMBANGUNAN KAMPUNG WISATA DI SEKITARAN SUNGAI BRANTAS)

Azharotunnafi, Azharotunnafi ANALISIS SOCIO-CULTURAL AND ENVIRONMENTAL PADA MASYARAKAT KAMPUNG TRIDI MALANG (STUDI KASUS PEMBANGUNAN KAMPUNG WISATA DI SEKITARAN SUNGAI BRANTAS). Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, KAB. MALANG. (Submitted)

[img] Text
Laporan Penelitian Litapdimas 2023 Azharotunnafi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan sosial pada masyarakat Kampung Tridi dari segi sosial, budaya dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus mengenai perubahan socio-cultural and environmental bagaimana masyarakat Kampung Tridi mampu mengembangkan wilayah yang awalnya kumuh menjadi kawasan yang memiliki potensi ekonomi maju di sekitar aliran Sungai Brantas. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan kepada ketua paguyuban, muda-mudi, warga sekitar untuk mengetahui bagaimana perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah adanya Kampung Tridi, serta aspek pengembangan wisata. Observasi dilakukan untuk mengetahui interaksi dan kegiatan warga dalam lingkungan wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan dalam aspek socio-cultural and environmental dari segi interaksi dan perilaku masyarakat, mata pencaharian, sistem sosial, serta lingkungan. Temuan penelitian ini yaitu, Kampung Tridi memberikan sebuah perubahan baru yaitu terbentuknya interaksi dan sistem sosial baru bernama Paguyuban Kampung Tridi, penggiat UMKM, dan pekerjaan baru. Namun, pasca pandemi covid, tingkat resiliensi masyarakat rendah sehingga belum mampu mendongkrak potensi ekonomi kembali seperti ketika awal dibukanya wisata.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Socio-cultural change, environtmental change, Kampung Tridi
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Azharotunnafi Azharotunnafi
Date Deposited: 20 Feb 2024 19:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item