Manajemen Kualitas Jasa Pendidikan Tinggi:Perspektif Teoritis, Empiris, dan Nilai Islam

Asnawi, Nur and Setyaningsih, Nina Dwi (2023) Manajemen Kualitas Jasa Pendidikan Tinggi:Perspektif Teoritis, Empiris, dan Nilai Islam. Inara Publisher, Malang. ISBN 978-623-8109-54-8 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
18384.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Perguruan tinggi adalah institusi yang memiliki peran dan posisi strategis dalam pencapaian tujuan pendidikan. Dengan demikian, dalam upaya meningkatan hal tersebut perlu terus diadakan perbaikan, sehingga melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas. Menurut UndangUndang No 12 tahun 2012 disebutkan bahwa: Pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan.

Merujuk dengan peraturan tersebut, bahwa perguruan tinggi haruslah melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sehubungan dengan hal tersebut, untuk menciptakan SDM yang unggul, maka perlu meningkatkan kualitas layanan instansi pula. Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan dapat mengembangkan potensi peserta didik dalam upaya mengembangkan minat, bakat, serta kompetensi yang harus dikuasai.

Selain itu keberhasilan perguruan tinggi terletak pada pada kepuasaan layanan pendidikannya pula; artinya kepuasaan pelangga jasa pendidikan adalah salah satu faktor penentu keberhasilan kompetensi pendidik. Sehubungan dengan hal itu, maka semua instansi pendidikan
perlu memperhatikan kualitas pelayanan jasa.

Berdasarkan hal di atas, lahirlah buku yang berjudul Manajemen Kualitas Jasa Pendidikan Tinggi Perspektif Teoritis, Empiris, dan Nilai Islam, sebuah buku yang menarasikan begitu mendalam perihal manajeman kualitas jasa bagi perguruan tinggi. Buku ini berisikan lima bab yang kesemuanya mencoba mengupas secara detail mengenai manajeman jasa pendidikan, baik dalam segi perencanaa, pelaksanaan, promosi, hingga evaluasi.

Buku ini sangat cocok bagi akademisi, praktisi, atau pegiat sosial, untuk mendalami rumpun pengetahuan tersebut. Selain itu buku ini sangat diperuntukkan kepada semua kalangan yang ingin mengembangkan bisnis pendidikan. Terakhir, penerbit mengucapakan selamat atas terbitnya buku ini, semoga memberikan khazanah intelektual bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Item Type: Book
Keywords: Manajemen Pendidikan Tinggi Islam; Manajemen Kualitas Pendidikan Tinggi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Mufid Mufid
Date Deposited: 20 Feb 2024 19:25

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item